8.9 C
New York
Tuesday, October 15, 2024

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Siantar Sasar 40 Sekolah

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar menargetkan sosialisasi pentingnya memilih dengan menyasar 40 sekolah tingkat SMA sederajat, baik negeri maupun swasta. Tujuannya menumbuhkan partisipasi para pemilih pemula pada Pilkada 2024.

Ketua KPU Pematangsiantar, M Isman Hutabarat mengatakan, sampai saat ini sosialisasi sudah dilakukan di 10 sekolah. “Di SMA Negeri sudah hampir semua kita lakukan sosialisasi, kita jadwalkan bertahap untuk lembaga pendidikan yang lain,” kata Isman, Selasa (15/10/24).

Terbaru KPU Pematangsiantar mengundang 2 siswa dari masing-masing sekolah dalam kegiatan sosialisasi. Diharapkan pertemuan yang masif dapat menggugah para pemilih pemula agar berkontribusi di setiap kontestasi pemilihan.

Baca juga:KPU Siantar Tetapkan DPT Pilkada 2024 Sebanyak 202.326 Jiwa

“Berkontribusi dalam artian ikut memberikan suara di TPS. Karena masa depan daerah ini berada di tangan mereka,” ucapnya.

Perwakilan siswa tersebut juga diharapkan menjadi duta pemilih bagi teman-temannya, baik lingkungan rumah maupun sekolah. “Karena untuk face to face tidak memungkinkan dan memakan waktu yang cukup banyak,” tuturnya.

Pihaknya, lanjut Isman menyampaikan kemajuan Kota Pematangsiantar tergantung kepada sosok calon yang dipilih para kaum muda. “Kita sampaikan juga dalam memilih pemimpin dilihat dari visi dan misi, jangan ikut menerima uang karena itu melanggar hukum,” ujarnya.

Baca juga:KPU Siantar Targetkan Partisipasi Pemilih 90 Persen di Pilkada 2024

“Bagaimanapun nanti hasilnya, kita kembalikan kepada pemilih pemula. KPU hanya memfasilitasi dan menjalankan tahapan pemilihan,” sambungnya.

Selain fokus pemilih pemula, KPU Pematangsiantar juga getol melakukan sosialisasi kepada pemilih perempuan. Sebab dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) didominasi perempuan.

“Hari ini jadwalnya sosialisasi pemilih perempuan, kemudian dilanjutkan sosialisasi bagi pemilih disabilitas,” lanjutnya. (gideon/hm17)

Related Articles

Latest Articles