8.9 C
New York
Tuesday, October 15, 2024

Jelang Pilkada, KPU Sumut Pastikan Kesiapan Logistik Sudah Mencapai 40 Persen

Medan, MISTAR.ID

Persiapan logistik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 wilayah Sumatera Utara (Sumut) terus dilakukan.

Kepala Bagian (Kabag) Umum Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Mufti Ardian mengatakan, persiapan logistik kini sudah mencapai 40 persen.

“Persiapan logistik saat ini, kurang lebih ya antara 40 sampai 50 persen lah,” ujarnya saat ditemui di kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan No 35, Kecamatan Medan Timur, Selasa (15/10/24).

Mufti mengatakan, logistik yang sedang berjalan dan dipersiapkan yaitu surat suara. “Logistik yang paling penting kan surat suara. Saat ini sedang dilakukan pencetakan surat suara dan formulir sedang dalam pengiriman,” jelasnya.

Dikatakannya, jika surat suara sudah tiba di gudang kabupaten/kota masing-masing, persiapan logistik diperkirakan sudah lebih dari 50 persen. “Jika surat suara sudah masuk ke kabupaten/kota masing-masing bisa diperkirakan sekitar 70 persen persiapannya,” ucapnya.

Baca Juga : KPU Sumut Tetapkan Jumlah DPT 10.771.496

Mufti juga memastikan jika sebagian logistik sudah sampai di kabupaten/kota seperti tinta, segel, kabel tis, bilik suara, kotak suara dan sampul.

Sebelumya, Anggota KPU Sumut, Kotaris Banurea mengatakan bahwa pencetakan surat suara dilakukan di Cikarang, Kabupaten Bekasi dan ditargetkan dikirim oleh pihak percetakan dalam waktu dekat ini.

“Dalam perencanaan mereka (pihak percetakan) akan mengirimkan setelah dilakukan pengepakan, pemotongan surat, packing dan dilanjutkan distribusi,” ujarnya, Sabtu lalu.

Dikatakan Kotaris, pihak percetakan bakal mendistribusikan melalui Pelabuhan Belawan yang selanjutnya dikirim ke kabupaten/kota masing-masing. (berry/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles