21.3 C
New York
Friday, August 30, 2024

Tiga Balon Perempuan di Pilkada Siantar Diminta Tak Berhubungan Intim

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Tiga bakal calon (balon) perempuan yang akan bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pematangsiantar tahun 2024 diminta untuk tidak melakukan hubungan intim atau seksual, sebagai persyaratan persiapan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit (RS) yang telah ditentukan.

Ketiga balon itu adalah Susanti Dewayani yang mencalon wali kota berpasangan dengan Ronald Darwin Tampubolon sebagai wakil wali kota. Kemudian Ade Sandra Purba yang maju menjadi calon wakil wali Kota berpasangan dengan Mangatas Marulitua Silalahi sebagai wali kota.

Selanjutnya, Herlina yang juga mencalon wakil wali kota berpasangan dengan Wesly Silalahi sebagai wali kota.

Baca juga:KPU Siantar Tutup Pendaftaran, 4 Pasangan Bertarung di Pilkada

Tidak melakukan hubungan seksual bagi balon perempuan itu dituangkan dalam surat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentang Persyaratan Persiapan Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Selain tidak melakukan hubungan seksual, ketiganya yaitu Susanti, Ade, dan Herlina diminta tidak memakai vaginal tablet dan/atau memakai jamu-jamuan vaginal 3 hari sebelum pemeriksaan kesehatan. Mereka juga diminta tidak membilas daerah kewanitaannya dengan sabun pembersih 2 kali 24 jam sebelum pemeriksaan kesehatan.

Hal itu dibenarkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar, Isman Hutabarat yang dikonfirmasi mistar.id terkait tahapan selanjutnya setelah menerima pendaftaran para balon, pada Jumat (30/8/24).

“Selanjutnya,pemeriksaan kesehatan di RSUP H Adam Malik, tanggal 1 sampai dengan 2 September 2024. Itu nanti disaat pemeriksaan kesehatan, yang akan menjalani pemeriksaan kesehatan sudah harus hadir di RS pada jam 7 pagi (07.00 WIB,red),” ungkapnya.

Baca juga:Gerindra dan NasDem Angkat Bicara Ihwal Kadernya Diusung Partai Lain pada Pilkada Pematangsiantar

Bersama dengan balon lainnya, yaitu pria, adapun persyaratan persiapan pemeriksaan perlu dilakukan sesuai surat Kemenkes antara lain yang pertama, istirahat yang cukup. Kedua, melaksanakan puasa mulai pukul 20.00 WIB, sehari sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan dan hanya diperkenankan minum air putih.

Persyaratan ketiga, bagi yang menggunakan lensa kontak, agar melepas lensa kontak tersebut terlebih dahulu 24 jam sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan. Selain itu, seluruh balon baik perempuan maupun laki-laki diwajibkan membawa pakaian olahraga (baju dan celana), sepatu olahraga, dan handuk kecil.

Sebelumnya, di masa pendaftaran yang dilakukan pada tanggal 27 sampai 29 Agustus kemarin, pihak KPU Kota Pematangsiantar telah menerima pendaftaran dari partai politik (parpol) yang mengusung 4 pasangan balon, yakni Susanti Dewayani-Ronald Tampubolon, Mangatas Silalahi-Ade Sandrawati Purba, Yan Santoso Purba-Irwan, dan Wesly Silalahi-Herlina. (ferry/hm16)

Related Articles

Latest Articles