12.1 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Tema Debat Capres-Cawapres 2024, Tidak Jauh Berbeda dari 2019

Jakarta, MISTAR.ID

KPU RI saat ini sedang menyusun tema debat bagi capres-cawapres 2024. Namun tema ini tidak jauh berbeda dari debat pada Pilpres 2019 yang lalu. Hal ini dibenarkan Mochammad Afifuddin selaku Komisioner KPU, Sabtu (25/11/23).

Menurutnya, ada lima tema debat setidaknya diangkat dalam lima edisi debat yang berlangsung. Ini terbagi soal HAM, Hukum, korupsi dan terorisme.

Kedua mengenai energi,  lingkungan hidup, pangan, dan infrastruktur. Ketiga mencakup ketenagakerjaan, sosial, pendidikan  dan kebudayaan. Keempat tentang ideologi, pemerintahan, keamanan, hukum dan hubungan internasional. Terakhir, berkaitan dengan ekonomi, keuangan, kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan dan industri.

Baca juga:KPU Bahas Jadwal Debat Capres-Cawapres, Kemungkinan Digelar di Luar Jakarta

Afif juga mengatakan bahwa, saat ini KPU RI mewacanakan debat capres-cawapres bakal digelar di luar Ibu Kota.

“Kami mengidekan tidak semua di Jakarta,” ujar Afifuddin dengan menekankan, bahwa wacana itu tentu harus disampaikan dan dikomunikasikan kepada pihak-pihak terkait. Termasuk, perwakilan dari capres-cawapres yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024.

“Jadi, tidak sepihak,” kata Afif dengan mengakui bahwa apa yang diskusikan memang itu masih sekadar wacana dan sedang dimatangkan agar formatnya berjalan sesuai dengan harapan.

Baca juga: Debat Capres AS Dimulai, Trump dan Biden Tak Saling Menyapa

Sayangnya, Afif belum mau mengutarakan kota mana saja yang diusulkan KPU RI untuk dilaksanakan debat capres-cawapres. Dia menyebut, ada banyak pertimbangan untuk mewujudkan wacana itu.

“Tapi, yang pasti kita komunikasikan, kalau dulu di Jakarta semua, tentu pasti ada banyak pertimbangan kalau di luar Jakarta apakah pada mau,” ujar Afif.(republika/hm17)

Related Articles

Latest Articles