27.6 C
New York
Sunday, June 30, 2024

Tarik Ulur Kader PKS di Pilkada DKI, Cawagub Diserahkan ke Pilihan Anies

Jakarta, MISTAR.ID

Setelah sebelumnya sempat mendeklarasikan pasangan calon Gubernur untuk DKI Jakarta 2024 Anies Baswedan, dengan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS)  Sohibul Iman, akhirnya PKS memberikan keleluasaan kepada Anies Baswedan untuk memilih calon wakil gubernur dari partai politik lain.

Hal tersebut disampaikan Syaikhu merespons pertanyaan soal PKB yang membuka peluang mengusung Anies sebagai cagub sementara posisi wakil gubernur berasal dari PDIP, bukan dengan Sohibul Iman.

“Ya semua kita serahkan ke Pak Anies. Tentu mudah-mudahan sih Pak Anies juga sangat paham dengan PKS, menghargai PKS dan Insya Allah kita husnudzon Pak Anies akan tetap bersama dengan PKS,” kata Syaikhu di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (27/6/24).

Baca juga:Anies Baswedan Diskusi ke Berbagai Pihak Terkait Maju Pilgub DKI 2024

Syaikhu mengakui PKS belum memenuhi syarat untuk mengusung Anies-Sohibul secara mandiri di Pilgub Jakarta 2024. PKS masih membutuhkan empat kursi lagi untuk mengusung pasangan dengan akronim AMAN itu.

“Saya juga minta Pak Anies dan kita semua akan berikhtiar mencari kursi tambahan sehingga Insya Allah perahu ini akan bisa berlayar,” jelas Syaiku.

Saat ini, kata Syaikhu, belum ada kepastian soal partai politik pengusung. Ia berharap partai politik pemegang kursi DPRD Jakarta lain bersedia mengusung Anies dan Sohibul.

Baca juga:Kaesang Akui Siap Dipasangkan dengan Anies di Pilgub DKI Jakarta

“Justru ini kita tawarkan kepada partai-partai yang lain supaya pasangan ini bisa di-support,” jelas dia.

Sebelumnya, Syaikhu sempat membuka peluang untuk mengganti Sohibul dari posisi pendamping Anies. Ia menyebut penggantian nama Sohibul bisa disesuaikan dengan hasil kerja sama atau koalisi dengan partai lain. (cnn/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles