20.2 C
New York
Thursday, June 27, 2024

Bawaslu Batu Bara Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pilkada 2024

Batu Bara, MISTAR.ID

Guna mengefektifkan tugas pengawasan, Bawaslu Kabupaten Batu Bara menggelar sosialisasi pengawasan tahapan Pilkada serentak 2024 sejak pagi hingga petang, Kamis (27/6/24).

Kegiatan yang diikuti stakeholder seperti Forkopimda Batu Bara, OPD, Parpol dan Ormas menampilkan 2 narasumber dari KPU dan pengamat Pemilu di Aula Singapore Land, Sei Balai.

Kegiatan itu memaparkan secara rinci tahapan-tahapan Pilkada 2024, pendataan pemilih, pengawasan tahapan Pilkada dan dan peran masyarakat melalui pengawasan partisipatif.

Koordinator Divisi HP2H Bawaslu Batu Bara, Mukhsin Khalid mengatakan, pengawasan yang dilakukan Bawaslu dan jajaran tidak dapat menjangkau seluruh wilayah. Hal itu karena jumlah pengawas Pemilu sangat sedikit.

“Karena itu kami mengharapkan partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi tahapan Pilkada. Peran elemen masyarakat baik ibu-ibu, ormas, OKP, pemuda dan awak media sangat membantu menciptakan Pilkada yang aman, jujur dan adil,” jelas Mukhsin.

Baca Juga : Bawaslu Batu Bara Gelar CAT Calon Anggota Panwascam pada Pilkada 2024

Untuk itu, Mukhsin menjelaskan pihaknya telah merencanakan pelaksanaan sosialisasi terhadap elemen masyarakat agar masyarakat dapat melaksanakan pengawasan partisipatif.

Ketua Bawaslu Batu Bara, M Amin Lubis menambahkan, pihaknya akan mengundang Disdukcapil dan Lapas guna memastikan pemilih terlebih pemilih pemula sudah memiliki KTP elektronik, sebelum pelaksanaan Pilkada yang jatuh pada 27 November 2024.

Pada kegiatan tersebut juga dibahas netralitas ASN, TNI/Polri serta Kepala Desa dalam Pilkada 2024. Dipaparkan dasar hukum yang mengharuskan ASN, TNI/Polri dan Kepala Desa tidak boleh memberikan dukungan terhadap pasangan calon. Juga dijelaskan saksi yang akan dihadapi ASN, TNI/Polri dan Kepala Desa yang melanggar netralitas yang termaktub dalam UU No 10 Tahun 2016. (ebson/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles