23.3 C
New York
Wednesday, July 24, 2024

Tagline Para Calon Kepala Daerah nge-tren, Akademisi: Antara Identitas dan Substansi

Medan, MISTAR.ID

Dalam menyambut perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), penggunaan tagline pada kampanye politik menjadi salah satu elemen penting yang tak terpisahkan.

Januari Riki Efendi (30), akademisi dari UIN Sumatera Utara (UIN SU), menyatakan penggunaan tagline merupakan bagian yang sah dalam kampanye politik.

Founder Ruang Literasi dan penulis buku ini juga menjelaskan tagline memberikan identitas unik bagi setiap bakal calon kepala daerah.

Baca juga : Verifikasi Faktual Bakal Calon Pasangan Kepala Daerah Perseorangan Dilakukan 2 Kali

Namun, Januari menyoroti bahwa meskipun tagline dapat menarik perhatian masyarakat, banyak di antaranya yang minim literasi dan miskin substansi.

Ia mencontohkan sebuah tagline yang berbunyi, ‘Kita apakan sikit daerah kita ini, biar gak apa kali’. Menurutnya, kalimat ini memang menarik perhatian masyarakat populis, namun tidak memiliki nilai intelektual.

“Hal ini, dapat membuat masyarakat merasa jenuh dan kurang tertarik karena tagline tersebut tidak mencerminkan tindakan nyata yang akan dilakukan oleh calon kepala daerah,” ujarnya kepada mistar.id, Rabu (24/7/24).

Related Articles

Latest Articles