14.8 C
New York
Friday, April 12, 2024

Sempat Dirawat Intensif, Petugas PTPS di Kota Binjai Meninggal

Medan, MISTAR.ID

Pemilihan Umum Tahun 2024 tidak hanya menandai momen demokrasi, namun juga menyisakan duka mendalam di kalangan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menanggung berita kelam, salah seorang petugas PTPS di Kota Binjai, Ade Lestari Harefa (36) meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Latersia Binjai pada Kamis (22/2/24) sekitar pukul 02.30 WIB.

Menanggapi kematian PTPS tersebut, Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data, dan Informasi Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu, mengungkapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya.
“Turut berduka cita atas kepergian salah satu petugas pengawas TPS,” ujarnya Saut.
Ia menjelaskan bahwa sebelum Ade meninggal dunia, ia sempat menjalani perawatan intensif di RS Latersia Binjai. Awalnya korban tiba-tiba pingsan saat mengawasi proses pemungutan suara di TPS 008 Kelurahan Tanah Tinggi, pada Kamis dini hari (15/2/2024) sekitar pukul 03.00 WIB.
Baca juga: Keluarga KPPS Sidikalang yang Meninggal Terima Santunan Rp46 Juta dari KPU

“Semua petugas PTPS di daerah kita begadang, mengawasi proses penghitungan suara di TPS hingga lewat tengah malam. Kita mendapat laporan bahwa anggota kita ini pingsan saat bekerja dan langsung dilarikan ke rumah sakit tengah malam itu juga,” ungkap Saut Boangmanalu saat dihubungi oleh mistar.id, Jumat (23/2/24).

Setelah menjalani perawatan intensif, Ade diizinkan pulang untuk pemulihan di rumah. Namun, pada malam berikutnya, kondisi kesehatannya memburuk, dan keluarganya membawanya kembali ke rumah sakit. Sayangnya, nyawanya tidak dapat tertolong, dan Ade meninggal dunia pada pukul 02.30 pagi.

Menghadapi yang menimpa PTPS Kota Binjai itu, Bawaslu Sumut akan memberikan santunan jaminan asuransi.

“PTPS mendapatkan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan (TK) selama menjalankan tugas sebagai ad hoc penyelenggara dan pengawas Pemilu 2024,” ungkapnya. (khairul/hm17)

Related Articles

Latest Articles