11.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Pj Gubernur Bersama Forkopimda Tinjau Pemungutan Suara di Simalungun

Simalungun, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan dan Kapolda, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi meninjau pencoblosan surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 dan 2 di Gedung Candika, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Dalam pemantauan itu, Pj Gubernur bersama rombongan menaiki helikopter ke Kabupaten Simalungun hingga nantinya bertolak menuju Kabupaten Batu Bara untuk memastikan kesiapan Pemilihan Umum (Pemilu) di wilayah Sumut.

“Ini merupakan hari yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Karena hari ini kita melaksanakan pemungutan suara dalam rangka Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota,” ujar Hassanudin, pada Rabu (14/2/24).

Baca juga:Pj Gubsu dan Forkopimda Pantau Situasi Pemilu di Hari Pencoblosan

Lanjutnya lagi, pihaknya bersama Forum Koordinasi Pimpinan daerah (Forkopimda) Sumut dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengecek TPS di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, sejauh ini hasil dari pemantauan berjalan aman dan lancar. Untuk pendistribusian logistik tepat waktu.

“Partisipasi pemilih mencapai 50 persen. Pantauan di Sumut saat ini berjalan aman dan cuaca juga cerah,” paparnya.

Sementara itu, Kapolda mengatakan, pihaknya akan melaksanakan pengamanan tahap demi tahap. Menurutnya sebanyak 45.875 TPS logistiknya telah sampai dan hingga saat ini pencoblosan sedang berlangsung.

Baca juga:Pemungutan Suara di TPS Molor, KPU Siantar: Tidak Pelanggaran

“Kita akan tunggu sampai penghitungan dan perekapannya. Kita akan kawal nanti menuju ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk dilakukan rekap di. Petugas pengamanan kita siapkan 12.804 orang disiagakan di setiap TPS, termasuk di daerah sulit seperti Nias Selatan dan Nias Induk,” pungkasnya. (hamzah/hm16)

Related Articles

Latest Articles