17.2 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Pj Gubsu dan Forkopimda Pantau Situasi Pemilu di Hari Pencoblosan

Medan, MISTAR.ID

Dalam suasana yang penuh semangat, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memantau situasi Pemilihan Umum (Pemilu) melalui zoom meeting di aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas gubernur, Kota Medan, pada Rabu (14/2/24).

Dalam pertemuan tersebut, Pj Gubernur, Hassanudin, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan dan Kapolda, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi turut hadir untuk memastikan kesiapan Pemilu di wilayah Sumut.

“Sejak pagi kami memonitor perkembangan kesiapan. Kita sudah pastikan bahwa sampai saat ini belum ada halangan yang menghambat jalannya Pemilu. Semoga semua berjalan sesuai rencana,” ujar Hassanudin di rumah dinas, sebelum berangkat ke Kabupaten Simalungun.

Baca juga:Medan Gelar Doa Bersama Sambut Pemilu Damai

Hassanudin mengatakan, Forkopimda juga merencanakan untuk memantau langsung di beberapa titik, termasuk sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Medan, serta wilayah Simalungun dan Batu Bara dengan menggunakan helikopter.

Sementara itu, Kapolda menyampaikan, seluruh TPS yang tersebar di Sumut sudah mendapatkan logistik Pemilu dan siap untuk menyelenggarakan pencoblosan hari ini.

“Tugas pertama hari ini adalah mengawal logistik Pemilu hingga sampai ke TPS. Sudah dilaporkan bahwa 45.875 TPS telah menerima logistiknya. Artinya seluruh TPS di Sumut siap menyelenggarakan pencoblosan hari ini,” kata Agung.

Terkait isu soal kecurangan Pemilu seperti serangan fajar yang diduga terjadi di Kecamatan Medan Tembung dan Medan Polonia, Kota Medan sehari menjelang pencoblosan menjadi fokus pertanyaan wartawan.

Baca juga:Kapolrestabes Medan Ingatkan Netralitas Polri Saat Pemilu

Menanggapi pertanyaan itu, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumut, Aswin Diapari Lubis mengatakan, saat ini sedang dalam proses pemeriksaan terhadap dugaan-dugaan pelanggaran Pemilu. Ia menegaskan, segala tindakan yang mengganggu keamanan dan integritas pemilu akan ditindaklanjuti dengan serius.

“Dalam menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu, kerja sama semua pihak sangat dibutuhkan. Mari bersama-sama menjaga agar Pemilu berjalan dengan baik dan demokratis,” jelasnya.

Dengan semangat dan kerja sama yang terjaga, Forkopimda Sumut optimis bahwa pesta demokrasi akan berjalan lancar dan sukses. Semua pihak berharap partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya akan tinggi, sehingga demokrasi dapat berjalan dengan baik dan berintegritas. (hutajulu/hm16)

Related Articles

Latest Articles