26.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Pengamanan Pemilu, Polres Taput Libatkan TNI, Satpol PP dan Dishub

Taput, MISTAR.ID

Kapolres Tapanuli Utara (Taput) AKBP Ernis Sitinjak menyampaikan arahan kepada seluruh Kapolsek sejajaran dan seluruh personel yang terlibat pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), termasuk kepada unsur Forkopimda Taput guna memastikan Pemilu berjalan lancar dan aman.

Dalam amanatnya Kapolres, mengatakan jumlah TPS 1.036. Sedangkan personel Polres Taput yang dilibatkan pengamanan TPS sebanyak 208 orang. Namun untuk pengamanan turut melibatkan 30 anggota Kodim 0210/TU., Satpol PP dan Dishub Pemkab Taput. dan 27 anggota dari Polda Sumut.
Sementara pengamanan menerapkan 3 pola yakni, Sangat rawan, kurang rawan dan TPS Khusus. Untuk TPS yang sangat rawan di Taput hanya ada 2 TPS, yaitu 1 TPS di Desa Batu Arimo, Kecamatan Parmonangan dan 1 TPS di Desa Rura Julu Toruan, Kecamatan Sipoholon.
“Sangat rawan dimaksud, bukan karena tingkat kriminalnya yang sangat rawan tapi letak geografisnya yang jauh dari kecamatan. Dengan letak geografisnya yang jauh,  transportasi hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda 2 sehingga dikategorikan rawan,” ujarnya.
Ia mengatakan juga bahwa pola pengamanan diterapkan 2 : 1 : 2. Artinya 2 polisi 1 TPS dan 2 Linmas. “Untuk TPS khusus ada 4 TPS terdiri dari 3 TPS di LP Siborongborong dan 1 TPS di Rutan Tarutung. “Pola pengamanan diterapkan 2 : 1:  2. 2 polisi 1 TPS dan 2 Linmas,” ujarnya.
“Yang lainnya sebanyak 1.030 TPS polanya kurang rawan. Untuk pola kurang rawan pengamanan di tempatkan 2 : 10 : 20. 2 polisi 10 TPS dan 20 Linmas. Sehingga total petugas Polri yang dilibatkan untuk pengamanan di TPS sebanyak 208 personil,” tambahnya. (fernando hutasoit/hm17)

Related Articles

Latest Articles