16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

PDIP Usung Dosmar, Hanura dan Demokrat Siap Bergabung

Humbahas | MISTAR.ID

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor diusung kembali Partai PDI Perjuangan sebagai Calon Bupati bersama pasangannya, Yanto Sihotang pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 ini. Sebelumnya di tahun 2015 partai moncong putih ini juga mengusung Dosmar yang berpasangan dengan Saut Parlindungan Simamora.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Humbahas, Kepler Torang Sianturi mengatakan, Dosmar yang juga Ketua DPC Partai PDIP Humbahas dan Yanto diputuskan bersama dari 50 pasangan calon kepala daerah lainnya oleh DPP. Keputusan partai itu, kata dia, sudah final dan diberikan kepada calon-calon termasuk Dosmar Banjarnahor-Yanto Sihotang.

“Hasil keputusan partai yang ditandatangani Ketua Umum ibu Mega, benar kembali diusung menjadi Calon Bupati,” ujar Kepler saat dihubungi, Rabu (19/2/20).

Kepler menyebut, nama Dosmar diusung kembali karena aspirasi masyarakat yang masih menginginkannya menjadi Bupati. Selain itu, kata dia, Dosmar dipercaya karena dapat mampu membawa PDIP berkibar, semisal pada pemilihan legislatif.

“Jadi itulah kemungkinan dasar keputusan partai. Dari keputusan itu, kita sebagai kader wajib menjalankan dan memenangkan Dosmar,” kata Kepler.

Disinggung, terkait pengunduran diri beberapa kepengurusan anak cabang apakah tidak mengganggu, Kepler mengaku tidak masalah.

Dijelaskannya, dalam pengunduran diri anak cabang beberapa lalu itu pihaknya sudah melakukan perubahan kepengurusan dengan menetapkan kepengurusan sementara. Dan nantinya, dibulan April semua kepengurusan mulai anak ranting dan anak cabang akan dikukuhkan sebelum disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP, Lamberto Manullang, mengatakan, Dosmar adalah kader terbaik yang berhasil menjalankan pemerintahaan maupun di partai. Ia menilai, ditangan Dosmar, PDIP telah suskses memenangi Pileg yang sebelumnya dua kursi menjadi tujuh kursi.

“ Kalaupun ada kekurangan itu lumrah dan itu wajar saja,” ujar Lamberto.

Partai PDIP juga sangat terbuka membangun koalisi dengan partai lain, untuk memenangkan Dosmar Banjarnahor-Yanto Sihotang. “ Sepanjang satu persepsi memenangkan kandidat dan sesuai program, itu pasti kita terbuka,” kata dia.

 

Hanura dan Demokrat Masih 50:50

Terpisah, Partai Hanura yang memiliki 4 kursi dan Partai Demokrat yang hanya 1 kursi di DPRD Humbahas menanggapi keputusan PDIP, masih 50:50 untuk bergabung.

Seperti dikatakan oleh Sekretaris DPC Hanura Humbahas, Bernando Sitohang, bisa jadi partainya akan berkoalisi dengan PDIP. “ Dalam politik bisa saja Hanura berkoalisi dengan PDIP, sebab Dosmar juga mendaftar ke partai,” kata Bernando.

Namun, untuk saat ini pihaknya belum dapat mengambil sikap karena masih dalam proses survei. “Jadi kita masih proses survei untuk saat ini kepada 4 calon bupati yang mendaftar, termasuk calon wakil,” tegasnya.

Senada Sekretaris DPC Partai Demokrat, Bresman Sianturi menyatakan tidak tertutup kemungkinan, partainya akan meminang Dosmar. “ Bisa ya bisa tidak, tergantung kepada keputusan pusat,” tegas Bresman.

 

Penulis: Effendi

Editor: Edrin

Related Articles

Latest Articles