19.8 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

PDIP Sumut Pakai 14 Lembaga Survei Menakar Elektabilitas Balon

Simalungun, MISTAR.ID

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Mangapul Purba mengatakan, pihaknya memakai 14 lembaga untuk melakukan survei terhadap bakal calon (balon) kepala daerah, baik di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) provinsi dan juga kabupaten/kota.

“Secara keseluruhan survei kita lakukan awal bulan ini, baik di provinsi maupun di kabupaten/ kota. Sekarang lagi progres, mungkin minggu depan sudah turun tim survei,” ujar Mangapul saat dikonfirmasi, pada Rabu (3/7/24).

“Ada 14 lembaga survei independen yang kita yakini bisa melakukan survei dengan baik,” sambung Anggota DPRD Sumut ini.

Baca:Bappilu PDIP Sumut Survei Bacalon Bupati Simalungun Radiapoh dan Budi Raja

Lanjut Mangapul, terkait hasil fit and proper test yang dilakukan beberapa waktu lalu belum dapat memberikan hasilnya, lantaran pihaknya masih menunggu dan DPP juga tengah melakukan pemeriksaan.

“Kita kan masih melaporkan ke DPP hasil fit and proper test. DPP sedang memeriksa apa yang kita kirim. Mungkin beberapa hari ke depan kita diminta penjelasan mana yang kurang jelas,” ujarnya lagi.

Disebutkan, sesudah keluar hasil dari DPP terkait fit and proper test, baru dilakukan survei. Usai keluar hasil survei, dilaksanakan rapat pleno DPP. Nantinya DPP memutuskan siapa yang direkomendasikan.

Khusus terhadap sosok calon Bupati, Mangapul berharap, memiliki watak atau kemampuan yang bisa mengatasi masalah di Kabupaten Simalungun.

Baca juga:Kembalikan Berkas ke PDIP Sumut, Rapidin Sebut Edy Rahmayadi Tamu Terhormat

“Bisa membuat situasi yang lebih baik. Yang kita harapkan pemimpin bisa mengatasi persoalan infrastruktur,” tukasnya.

Mangapul menuturkan, kurang lebih beberapa tahun ini banyak faktor masalah seperti Covid-19 dan sebagainya.

“Kita harapkan pemimpin ke depan Simalungun adalah orang yang bisa mencarikan solusi-solusi infrastruktur tadi. Dan kontrak politiknya ditandatangani oleh PDIP,” pungkasnya. (hamzah/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles