20.8 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

NasDem-Gerindra Sepakat Usung Rico-Zaki di Pilkada Medan

Medan, MISTAR.ID

Partai NasDem dan Gerindra sepakat akan mengusung Rico Waas dan Zakiyuddin Harahap dalam pemilihan wali kota/wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Medan.

Sekretaris Partai Gerindra Sumatera Utara (Sumut), Sugiat Santoso menyampaikan bahwa di tingkat pusat sedang ada semangat bersama antara koalisi Indonesia Maju dan beberapa Partai pendukung.

“Koalisi ini semoga bisa saling menguatkan, agar pemerintahan Prabowo-Gibran juga didukung oleh pemerintahan di tingkat provinsi, kabupaten, kota secara serentak,” katanya dalam konferensi pers di Grand City Hall, Jalan Balai Kota, Rabu (3/7/24).

Selanjutnya, Sugiat menyampaikan jika antara pemerintah pusat dan provinsi, kabupaten, dan kota tidak sejalan, dikhawatirkan akan terjadi ketidaksolidan antara pemerintah pusat dan daerah.

“Hal ini bisa mengganggu terwujudnya visi misi Prabowo-Gibran,” sebutnya.

Baca Juga : Pilkada Medan Tanpa Pasangan Perseorangan, KPU Lanjut Bentuk Badan Ad Hoc

Rico Waas merupakan kader sekaligus keponakan dari Ketua Umum NasDem Surya Paloh. Sementara Zakiyuddin menjabat Wakil Ketua DPD Gerindra Sumut.

Ketua DPW NasDem Sumut, Iskandar berharap koalisi ini bisa berjalan di seluruh daerah di Sumut. “NasDem dan Gerindra akan terus berkomunikasi untuk memenangkan Rico dan Zaki,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Rico Waas bersyukur mendapat kepercayaan dan dukungan dari NasDem dan Gerindra. “Kami berharap dan memohon doa untuk semuanya agar pasangan dan koalisi ini berjalan dengan baik,” sebutnya.

Untuk diketahui, Partai Gerindra memiliki 10 kursi, sedangkan NasDem 4 kursi, dari total 50 kursi DPRD Medan periode 2019-2024. Sementara untuk anggota DPRD terpilih 2024-2029, Gerindra memperoleh 6 kursi, sedangkan Nasdem 5 kursi. Jumlah tersebut sudah memenuhi syarat 20 persen untuk mengajukan calon kepala daerah. (maulana/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles