22.9 C
New York
Thursday, June 13, 2024

Panwascam Dilantik Sukseskan Pilkada Toba, Bupati: Jangan Ada Pelanggaran

Toba, MISTAR ID

Bupati Toba yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Augus Sitorus berpesan agar Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam)  yang telah dilantik dapat berkolaborasi dengan semua pihak demi terselenggaranya  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang sehat dan sesuai dengan kehendak masyarakat dan berharap jangan ada pelanggaran.

Pesan Bupati Toba ini disampaikan Augus Sitorus dalam sambutan pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji  yang dilaksanakan di Ballroom Sere Nauli Hotel, Laguboti, Kabupaten Toba pada Jumat (24/5/2024).

“Kita harus berkolaborasi antara Bawaslu, Panwascam hingga ke tingkat desa. Demikian juga dengan KPU dan lembaga lain. Jangan sampai ada pengaduan-pengaduan yang tidak ditindaklanjuti. Kami percaya tugas ini bisa bapak-ibu emban,” demikian pesan Bupati Toba yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah.

Baca juga: 66 Anggota Panwascam se-Deli Serdang Dilantik, Bupati: Jalankan Profesionalisme

Ia menambahkan bahwa apa yang menjadi tugas, hak dan kewajiban para Panwascam dapat terlaksana sesuai aturan. Karena itu, Panwascam yang telah dilantik harus segera menyusun rencana kerja sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan.

“Sejak pelantikan ini bapak-ibu sudah mempersiapkan segala bentuk persiapan tahapan Pilkada, agar tahapan ini berjalan lancar maka semua harus memedomani Undang-Undang dan semua aturan, jangan sampai ada pelanggaran-pelanggaran hingga ke tingkat desa,” katanya mengakhiri pesan dalam sambutannya.

Ada  48 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang dilantik Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Toba . Mereka akan bertugas untuk Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024 .

Sebelumnya Ketua Bawaslu Kabupaten Toba, Sahat Sibarani berpesan kepada para Panwascam yang dilantik agar menjaga nama baik Bawaslu sebagai salah satu lembaga penyelenggara Pemilu dan Pilkada.

Baca juga: 109 Pendaftar Baru Panwascam, Bawaslu Simalungun: 54 Orang Diambil Tes Wawancara

Dirinya menyebut bahwa berbagai aturan, termasuk Undang-Undang Pilkada berbeda dengan Undang-Undang Pemilu yang telah selesai digelar pada Februari lalu. Karena itu ia meminta agar Panwascam yang telah dilantik benar-benar mempelajari dan memahami aturan yang telah ditetapkan, mulai Undang-Undang, Perbawaslu bahkan termasuk PKPU.

“Bapak-Ibu Panwascam yang baru dilantik, saya selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Toba meminta agar Bapak-Ibu menjaga nama baik Bawaslu dari tingkat Kecamatan hingga desa,” katanya.

Dirinya menegaskan bahwa Pakta Integritas yang telah diucapkan tidak hanya sekedar slogan, namun harus benar-benar dijalankan.

“Saya berharap bahwa Pakta Integritas yang telah saudara-saudara ucapkan benar-benar terjadi. Jabatan yang saudara emban bukan untuk gagah-gagahan,” pesannya kepada para Panwascam. (nimrot/hm17)

Related Articles

Latest Articles