22 C
New York
Friday, May 31, 2024

66 Anggota Panwascam se-Deli Serdang Dilantik, Bupati: Jalankan Profesionalisme

Deli Serdang, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman meminta kepada 66 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang tersebar di 22 kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang, untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan rakyat dan bangsa dalam mengemban tugas mulia mengawasi jalannya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

“Jabatan yang saudara-saudara emban merupakan sebuah kehormatan yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab, kejujuran dan profesionalisme,” kata Pj Bupati Wiriya pada pelantikan Panwascam se-Kabupaten Deli Serdang di Wings Hotel Kualanamu, Jalan Sultan Serdang, Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Jumat (24/5/24).

Pj Bupati Wiriya meyakini, dengan bekal pengalaman, kemampuan, dan komitmen yang dimiliki, para anggota Panwascam se-Kabupaten Deli Serdang mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: 29 Orang Bersaing Untuk Isi 4 Posisi Kosong Panwascam Kota Siantar

“Saya percaya, dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat, kita mampu menyelenggarakan pemilu yang demokratis, jujur, adil, dan bermartabat, serta menghasilkan pemimpin yang amanah dan berintegritas,” papar Pj Bupati.

Sebab, tambah Wiriya, pemilu yang demokratis, jujur, adil dan bermartabat merupakan salah satu pilar penting dalam membangun demokrasi yang berkualitas. Untuk itu, penyelenggaraan pemilu yang berkualitas menjadi tanggungjawab bersama dalam rangka mengawal dan memastikan terselenggaranya pemilu dengan berasaskan kejujuran, keadilan dan transparansi.

Disebutkan Pj Bupati juga, dari 66 anggota Panwascam yang dilantik, 29 di antaranya merupakan incumbent, bertugas saat pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), pada 14 Februari 2024 lalu. “Dengan begini, bisa saling tukar pengalaman, sehingga bisa lebih baik lagi kedepannya,” harap Wiriya.

Di tempat yang sama, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Deli Serdang, Febriyandi Ginting mengatakan, diperlukan koordinasi dengan semua pihak terkait, mengingat luasnya wilayah Kabupaten Deli Serdang.

Selain itu, ke-66 anggota Panwascam yang dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua Bawaslu Deli Serdang No.099/KP.04/K/SU-04/05/2024,tanggal 24 Mei 2024,tentang Penetapan Anggota Panwascam untuk Pemilu Serentak 2024 tersebut juga nantinya akan dibantu oleh 394 anggota Panwas Desa/Kelurahan yang akan ditetapkan dalam waktu dekat.

Baca juga: Pokja Pembentukan Panwascam Dairi akan Dilaporkan ke DKPP-RI

“Kita percaya dedikasi dan integritas melalui sikap nyata di wilayah masing-masing. Jagalah dan wujudkan harapan masyarakat untuk menciptakan pemilihan yang sesuai azas,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Sumatera Utara, M Aswin Diapari Lubis berharap seluruh anggota Panwascam yang dilantik untuk menjalankan tugas sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku.

“Kami sangat mengharapkan saudara-saudara dapat menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan yang ada. Mari kita jaga nama baik Bawaslu Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Deli Serdang, serta nama baik Pemerintah Kabupaten Deli Serdang,” tuturnya.

Turut hadir pada pelantikan tersebut, perwakilan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Deli Serdang, Medan, Pelabuhan Belawan, dan Binjai,Komisioner Bawaslu Sumatera Utara, Payung Harahap; Ketua KPU Deli Serdang, Relis Yanthi Panjaitan,para pejabat lainnya.(rinaldi/hm17)

Related Articles

Latest Articles