15.2 C
New York
Thursday, May 16, 2024

109 Pendaftar Baru Panwascam, Bawaslu Simalungun: 54 Orang Diambil Tes Wawancara

Simalungun, MISTAR.ID

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Simalungun membuka pendaftaran atau perekrutan baru untuk Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sebanyak 27 orang.

Hal ini dilakukan guna memenuhi kekosongan Panwascam pasca existing yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Usai masa perpanjangan pendaftaran dilakukan mulai tanggal 9 hingga 11 Mei 2024, Bawaslu Simalungun menerima 109 orang yang mendaftar. Ada pun alasan perpanjangan pendaftaran karena belum memenuhi kuota yang telah dibutuhkan.

Baca juga:Keterwakilan Perempuan Minim, Pendaftaran Panwascam Simalungun Diperpanjang

“Kuota yang dibutuhkan untuk kekurangan Panwascam sudah cukup. Total pendaftar baru untuk Panwascam seluruhnya 109 orang,” ujar Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu Simalungun, Purba Diamanson Purba, pada Senin (13/5/24).

Tahapan selanjutnya yakni ujian tertulis yang akan berlangsung besok atau Selasa (14/5/25) di SMK Negeri 1 Siantar. Ujian tertulis ada 2 macam, yakni online dan offline.

“Pasti ada nanti yang gagal. Karena yang kita butuhkan itu sebanyak 27 orang Panwascam. Kan yang masuk tahapan wawancara itu sebanyak 54 orang nantinya,” ujar Purba.

Baca juga:29 Orang Bersaing Untuk Isi 4 Posisi Kosong Panwascam Kota Siantar

Dikatakan, dari tahapan ini lah nantinya disesuaikan rankingnya, maka diambil 54 orang untuk wawancara. Usai ujian tes wawancara, berikutnya penempatan terhadap anggota Panwascam tersebut.

Diberitakan hingga hari terakhir pendaftaran calon anggota Panwascam kuota keterwakilan 30 persen perempuan belum terpenuhi. Ini membuat Bawaslu Simalungun melakukan perpanjangan pendaftaran agar kuota keterwakilan perempuan terpenuhi. (hamzah/hm16)

Related Articles

Latest Articles