22.7 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Mundur dari Wali Kota Solo, DPP PDIP Hormati Keputusan Gibran

Jakarta, MISTAR.ID

Ketua DPP PDIP Said Abdullah menghormati keputusan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, yang mundur dari jabatan Wali Kota Solo. “Saya sangat menghormati, appreciate terhadap Mas Gibran yang mundur sebagai wali kota dan bersiap-siap untuk memangku jabatan baru di bulan Oktober yang akan datang,” ujar Said di kompleks parlemen dilansir, Kamis (18/7/24).

Said menilai, keputusan Gibran untuk mundur bukan hanya penting untuk mendapatkan suasana, namun mempersiapkan diri untuk menjadi orang nomor dua di Republik ini. “Keputusan yang wajar diambil oleh Gibran,” katanya.

Gibran mengajukan pengunduran dirinya sebagai Wali Kota Solo ke DPRD Kota Solo, Selasa (16/7). Putra sulung Presiden Jokowi itu menyetor surat mundur tersebut tiga bulan, sebelum dilantik menjadi Wapres bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Baca Juga : Gibran Mundur dari Walikota Solo, Sekjen Golkar: Biar Lancar Pekerjaan di Solo

Merespons pengunduran diri Gibran, rapat paripurna DPRD Kota Solo hari ini sempat diwarnai interupsi dari Fraksi PDIP. Mereka menilai DPRD tak punya wewenang menolak atau menerima pengunduran diri Gibran.

“Jangan sampai ada istilah ‘menyetujui’ atau ‘menolak’, karena kita tidak punya kewenangan untuk itu,” kata Suharsono, anggota Fraksi PDIP di DPRD Solo.

Anggota Faksi PDIP lainnya, YF Sukasno menambahkan bahwa rapat paripurna pengunduran diri Wali Kota Solo tidak memerlukan persetujuan dari DPRD. “Jadi pimpinan DPRD hanya meneruskan kepada Kemendagri melalui Gubernur,” kata pria yang akrab disapa Kasno itu.

Di akhir rapat, Gibran menerima penyerahan kenang-kenangan berupa sebilah keris dari DPRD Kota Solo. Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo mengatakan hadiah keris untuk Gibran merupakan tanda apresiasi karena sudah menjadi mitra kerja DPRD Surakarta.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles