9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

KPU Toba Kirim Logistik Pemilu 2024 di 5 Kecamatan

Toba, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toba mulai salurkan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Tahap pertama penyaluran menggunakan truk Colt Diesel ke 5 Kecamatan terjauh dari Kabupaten Toba, yang diberangkatkan dari kantor KPU setempat, di Jalan Tarutung, Km 2, Soposurung, Balige, pada Sabtu (10/2/24).

Ketua KPU Kabupaten Toba, Sugar Sibarani menerangkan, untuk pengiriman logistik berupa kertas suara ada di dalam kotak dan ada juga paket di luar kotak.

Baca juga:KPU Langkat Berangkatkan Logistik Pemilu 2024 ke PPK

“Dalam kotak berupa tinta dan alat coblos. Sedangkan di luar kotak adalah kelengkapan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), yaitu spidol, tanda pengenal dan salinan Daftar Pemilih Tetap (DPT),” ucapnya.

Tambah Sugar, pengiriman logistik awal jadwalnya ada di 5 Kecamatan terjauh yakni, Kecamatan Habinsaran, Borbor, Nassau (Habornas), Pintu Pohan dan Ajibata.

Sugar mengaku, penjadwalan pengiriman selama 4 hari terhitung dari tanggal 10-13 Februari 2024.

Baca juga:H-1 Pencoblosan, Logistik Pemilu Didistribusikan ke Tingkat Kecamatan Hingga TPS

“Untuk besok kita akan berangkatkan logistik ke Kecamatan Lumban Julu, Bonatua Lunasi, Parmaksian dan Uluan. Berikutnya ke Kecamatan Laguboti, Porsea, Silaen, Sigumpar, Tampahan dan Siantar Narumonda, karena jarak tempuhnya tidak terlalu jauh dari pusat kota sehingga sehari sebelum hari Pemilu masih dapat dikendalikan. Sedangkan khusus Kecamatan Balige kita kirimkan dari gudang langsung ke setiap Desa,” tukasnya.

Harapannya, karena ini adalah elemen penting pada tanggal 14 Februari, logistik itu dapat tersampaikan dengan baik dan tidak terjadi kerusakan.

“Untuk kendala dari KPU tidak ada. Kita tidak tahu kalau ada kendala dari alam dan potensi-potensi itu sudah diantisipasi. Maka khusus untuk daerah-daerah terjauh itu kita dahulukan. Sehingga apabila ada terjadi tanah longsor atau banjir, pendistribusian masih dapat kita lakukan dengan sisa waktu sebelum hari pada tanggal 13 Februari,” terangnya.

Baca juga:KPU Simalungun akan Distribusikan Logistik Pemilu di 6 Desa Gunakan Kapal Motor

Sementara itu, Kapolres Toba, AKBP Wahyu Indra Jaya menyampaikan, apresiasi kepada supir yang akan mengantar logistik ke Kecamatan lokasi terjauh dari dari tersebut.

“Pesan saya kepada petugas KPU dan anggota kepolisian yang melakukan pengawalan agar waspada di jalan dan saling mengingatkan. Itu agar logistik sampai dengan aman, mengingat medan yang dituju sangat jauh,” pungkasnya. (hotman/hm16)

Related Articles

Latest Articles