12.1 C
New York
Thursday, May 2, 2024

KPU Siap Hadiri Panggilan DPR untuk Evaluasi Hasil Pemilu 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan siap bila harus dipanggil Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mengevaluasi jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 20224

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan, pihaknya sudah menerima surat undangan resmi dari Komisi II DPR terkait agenda evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Sudah ada surat dari Komisi II yang sampai ke Ketua KPU dan didisposisi ke kami semua anggota, saya lupa persisnya, saya juga sudah disposisi saya akan hadir,” ujar Mellaz kepada awak media dilansir, Rabu (13/3/24).

Mellaz memastikan undangan DPR adalah sebuah kewajiban untuk dihadiri. Meski pun nantinya Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari berhalangan hadir. Dia berjanji akan menjawab semua pertanyaan dengan jelas dan terang saat rapat evaluasi Pemilu 2024 bersama DPR, termasuk jika ada pertanyaan soal Sirekap.

“Tentu kalau ada pertanyaan-pertanyaan itu, kami mempersiapkannya. Tapi yang jelas, kalau undangannya itu dalam rangka evaluasi tahapan penyelenggaraan Pemilu,” katanya.

Baca Juga : Hasil Pleno Terbuka KPU Medan, Ini 50 Caleg Terpilih DPRD Medan 2024-2029

Sebagai informasi, undangan RDP dari Komisi II DPR ke KPU RI dijadwalkan pada Kamis (14/3/24). Hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN, Guspardi Gaus.

Menurut dia, evaluasi penyelenggaraan Pemilu akan jadi kesempatan bagi semua fraksi yang mewakili seluruh koalisi paslon capres cawapres, untuk mengkritik, meminta jawaban, hingga memberi saran kepada penyelenggara pemilu, terkait pelaksanaan pemilu 2024. (lp6/hm24)

Related Articles

Latest Articles