26.7 C
New York
Friday, August 2, 2024

KPU Siantar Panggil Mangatas Silalahi karena Mundur dari DPRD Terpilih

Pematangsiantar, MISTAR.ID

KPU Pematangsiantar membenarkan calon anggota DPRD Siantar terpilih Mangatas Marulitua Silalahi mengajukan surat pengunduran diri. Surat tersebut masuk pada Senin (29/7/24) .

Ketua KPU Pematangsiantar, M Isman Hutabarat mengatakan, pihaknya telah menindaklanjuti surat tersebut. Hari ini, Jumat (2/8/24) Mangatas Silalahi diundang untuk verifikasi langkah yang diambilnya itu.

Undangan itu untuk menegaskan niat Mangatas mengundurkan diri sebelum dilantik sebagai anggota DPRD Pematangsiantar yang dijadwalkan pada 2 September 2024 mendatang.

Baca juga:Mangatas Silalahi Pinang Ade Sandrawati Purba Maju di Pilkada Siantar

“Penetapan baru akan dilaksanakan pada 22 September 2024. Masih ada selang waktu 20 hari yang bersangkutan menjadi anggota DPRD Pematangsiantar,” jelas Isman.

“Jadi tidak harus saat ini mengundurkan diri. Dan itu nanti kita tegaskan saat pertemuan dengan Mangatas Silalahi,” katanya menambahkan.

Jika masih tetap ngotot mengundurkan diri, KPU lanjut Isman akan segera menyelesaikan berkas pengunduran diri untuk disampaikan ke Sekretaris Dewan Kota Pematangsiantar.

“Dan nanti nama yang bersangkutan tidak ada lagi di daftar calon anggota DPRD yang akan dilantik,” ujarnya.

Baca juga:Maju di Pilkada Siantar, Mangatas Silalahi Ajukan Pengunduran Dirinya dari DPRD Terpilih

Mangatas merupakan politisi ulung di Kota Pematangsiantar. Ia telah menjadi anggota DPRD Pematangsiantar selama 4 periode sejak tahun 1999. Pada Pemilu 2024 lalu, Golkar berhasil membawa 5 kadernya untuk duduk di kursi dewan.

Pemilu 2024, Mangatas Silalahi bertarung di daerah pemilihan 1 yang meliputi Kecamatan Siantar Barat dan Utara. Berada di nomor urut 1, ia meraih 3.250 suara.

Mangatas berpeluang duduk kembali di kursi Wakil Ketua I DPRD Pematangsiantar periode 2024-2029, sebab partai pohon beringin itu berada di posisi 2 perolehan suara terbanyak di bawah PDI Perjuangan. (gideon/hm17)

Related Articles

Latest Articles