31.9 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

KPU Samosir Sosialisasi Pelaksanaan PSU di TPS 12 Pangururan

Samosir, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samosir menggelar sosialisasi jelang pelaksanaan Pemilihan Suara Ulang (PSU) di TPS 12, Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan pada 29 Juni mendatang. PSU dilakukan untuk memilih kembali anggota DPRD Kabupaten Samosir.

Sosialisasi pemungutan suara ulang pasca putusan Mahkamah Konstitusi 149-01-16-02/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 itu diikuti Komisioner Bawaslu Samosir, Forkopimda Kabupaten Samosir, Kepala Desa Pardomuan I dan Tokoh agama, Selasa (25/6/24).

Ketua KPU Samosir, Vincent Sitinjak mengatakan, pihaknya telah siap melaksanakan PSU di TPS 12 Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan.

Kajari Samosir, Karya Graham Hutagaol menyatakan pihaknya siap dari segi Gakumdu dan segi Datun jika ada gugatan ke KPU dan Bawaslu Samosir. Ia juga menekankan pentingnya membahas persiapan pengamanan pada pelaksanaan PSU tanggal 29 Juni 2024, untuk keamanan dan kenyamanan pemilih.

“Mari jaga netralitas dan bekerja sesuai dengan tupoksi. Mari menjaga kekondusifan sebelum dan sesudah pelaksanaan PSU,” ujarnya.

Baca Juga : Tindaklanjuti Putusan MK, KPU Samosir dan Nias Gelar PSU di Beberapa TPS

Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman diwakili Kabag Ops Kompol M Hasan menyebut akan ada 174 personel yang akan mengawal setiap tahapan PSU.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Samosir Robinson Simarmata mengatakan dalam persiapan pengawasan pelaksanaan PSU di TPS 12, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Pardomuan I, Polres Samosir, Dandim 0210/TU dan Bupati Samosir.

Ia mengungkapkan bahwa Bawaslu Samosir netral pada PSU tanggal 29 Juni 2024 dan akan melakukan sosialisasi di TPS 12 tempat PSU dilaksanakan untuk menyampaikan himbauan.

Di TPS 12 yang akan melaksanakan PSU terdapat 277 pemilih dan TPS tidak berpindah tempat dari lokasi TPS pada Pemilu 14 Februari 2024. (josner/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles