20.9 C
New York
Thursday, June 27, 2024

KPU Medan Targetkan Pemilih Pilkada 2024 Mencapai 75 Persen

Medan, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menargetkan jumlah partisipasi masyarakat untuk memilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 akan meningkat.

Berkaca dari Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, jumlah partisipasi masyarakat Kota Medan mencapai 69 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.853.458 orang.

“Target kita mencapai 75 persen, minimal 70 persen lah atau sama dengan Pemilu 2024 kemarin,” ucap Ketua KPU Kota Medan, Mutia Atiqah saat dikonfirmasi mistar.id, pada Kamis (27/6/24).

Baca juga:Pendaftaran Ditutup, KPU Medan Verifikasi Berkas Pantarlih

Dikatakan Mutia, tingkat partisipasi masyarakat Kota Medan dalam Pilkada 2020 kemarin hanya sekitar 49 persen.

“Jumlah tersebut jauh meningkat ketika Pemilu 2024. Makanya kita menargetkan untuk lebih banyak lagi partisipasi masyarakat pada Pilkada Serentak nanti,” katanya.

Dijelaskan Mutia, saat ini tahapan yang berlangsung di Kota Medan adalah proses pencocokan dan penelitian (coklit).

Baca juga:Proses Coklit, KPU Medan Segera Rekrut 6.607 Pantarlih

“Untuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) sudah terbentuk sebanyak 6.607 orang. Saat ini kita juga masih proses coklit. Kemarin juga sudah ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanjung Gusta untuk melakukan pendataan,” jelasnya.

Dalam meningkatkan partisipasi pemilih, Mutia mengaku, bahwa pihaknya terus aktif melakukan sosialisasi ke masyarakat.

“Selalu kita sosialisasikan, baik secara langsung maupun melalui media sosial (medsos) KPU Kota Medan. Petugas kita di lapangan juga melakukannya. Kita harap Pilkada 2024 ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” tutupnya. (rahmad/hm16)

Related Articles

Latest Articles