2.6 C
New York
Saturday, February 17, 2024

Kapolres Batu Bara: Guna Pengamanan, Seluruh TPS telah di Mapping

Batu Bara, MISTAR.ID

Kapolres Batu Bara, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb mengatakan, seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di daerah itu sudah di mapping.

Ini demi memastikan keamanan pemilih saat menggunakan hak pilihnya pada Rabu 14 Februari 2024 mendatang.

Perkataan tersebut disampaikan pada rapat koordinasi (rakor) persiapan Pemilu tahun 2024 dan sosialisasi rancangan PKPU penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 di Aula RM 100 Jalinsum Desa Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara, pada Sabtu (10/2/24).

Baca juga:Kapolres Batu Bara Harapkan Pengawas Pemilu Dorong Masyarakat Datangi TPS

Pada kegiatan yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batu Bara ini, Kapolres memaparkan langkah-langkah yang telah ditempuh guna menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif.

Pada kesempatan itu, Taufiq mengajak seluruh elemen termasuk partai politik (parpol) untuk mengajak pemilih mendatangi TPS dan menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani.

“Bagaimana cara kita semua, baik seluruh parpol untuk partisipasinya menyampaikan kepada warga masyarakat partisipasi untuk datang ke TPS. Para Kapolsek sudah melakukan cooling system yang salah satu tujuannya mengajak pemilih menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani,” katanya.

Ditegaskan Kapolres, seluruh Aparatur Negara (TNI-Polri dan ASN) harus netral dalam Pemilu. Untuk itu Taufiq kembali menegaskan pihak kepolisian mengawal pelaksanaan Pemilu agar dapat terlaksana dengan lancar dan damai.

Baca juga:Guna Jaga TPS di Sumut, Polda Libatkan 102.870 Linmas

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati, Nizhamul mengatakan, telah melihat kesiapan KPU setempat melaksanakan Pemilu.

Dia berharap, kesiapan KPU dapat memicu peningkatan partisipasi pemilih mendatangi TPS. “Sehingga persentase lebih meningkat dari tahun kemarin, dan kami harapkan tercapai minimal 85 % tingkat kehadiran ke TPS,” harapnya.

Disampaikan Nizhamul, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) siap membantu keamanan pelaksanaan Pemilu 2024. “Termasuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang berlangsung selama masa tenang. Sehingga diharapkan pada hari H tidak ada lagi APK yang terpasang,” ucap Pj Bupati.

Sebelumnya saat membuka rakor, Ketua KPU Kabupaten Batu Bara, Erwin  mengatakan sehubungan pelaksanaan Pemilu sudah mendekati hari H, pihaknya telah siap mendistribusikan kotak suara dan peralatan Pemilu lainnya hingga ke TPS.

Baca juga:Kapolres Labuhanbatu:  Kuasai Potensi Gangguan Kamtibmas di TPS

“Sejak kemarin KPU Kabupaten Batu Bara sudah mendistribusikan logistik di luar kotak suara. Logistik Pemilu sudah selesai disiapkan dan akan segera didistribusikan ke seluruh PPK kemudian PPS dan selanjutnya ke TPS,” jelasnya.

Erwin mengingatkan pesta demokrasi ini adalah pesta rakyat, karena beda pilihan jangan terpecah belah. “Marilah kita bersikap arif dan bijaksana,” imbuhnya. (ebson/hm16)

Related Articles

Latest Articles