28 C
New York
Saturday, June 15, 2024

Hingga April 2024, RSU Haji Medan Tangani 84 Kasus DBD

Medan, MISTAR.ID

Dalam kurun waktu Januari hingga April 2024, Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan merawat 84 pasien Demam Berdarah Dengue (DBD). Dari data ini ada 4 orang yang tercatat meninggal dunia akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Dikatakan Direktur RSU Haji Medan, dr Rehulina Ginting melalui Kabid Pelayanan Medik dan Keperawatan RSU Haji Medan, Fitrady Ulianda Siregar pada Januari tercatat sebanyak 23 pasien DBD yang dirawat di RSU Haji Medan dan 1 pasien meninggal dunia.

“Kemudian pada Februari sebanyak 24 orang pasien dirawat dan 2 orang meninggal. Lalu pada Maret sebanyak 18 orang yang dirawat dan meninggal dunia tidak ada. Lalu pada April sebanyak 19 pasien DBD yang dirawat dan 1 orang meninggal dunia. Kasus DBD di Medan memang menunjukkan tren peningkatan, terutama saat musim hujan,” jelasnya.

Baca juga : RSUP Haji Adam Malik Mulai Terapkan Sistem KRIS

Menurutnya, RSU Haji Medan telah menyiapkan ruang khusus untuk pasien DBD dengan tim medis yang berpengalaman.

Pasien DBD umumnya akan mendapatkan perawatan seperti pemberian cairan infus, obat penurun panas, dan monitoring tanda-tanda vital. Tak jarang pasien DBD memerlukan transfusi darah, trombosit, atau plasma.

“Penanganan Insya Allah sesuai standar tata laksana DBD. RSU Haji Medan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pasien DBD. Kami memiliki tim dokter dan perawat yang berpengalaman, serta fasilitas yang memadai untuk menangani pasien DBD,” ujarnya.

Related Articles

Latest Articles