10.7 C
New York
Friday, May 10, 2024

Kajari Labuhanbatu Pantau Kesiapan Gakkumdu Bawaslu

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Labuhanbatu Furkonsyah Lubis, melakukan pemantauan kesiapan sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) ke Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (31/01/24).

“Pemantauan tersebut, dilakukan dalam rangka peran Kejaksaan mensukseskan Pemilu 2024. Selain itu, kehadiran tersebut juga bermaksud optimalisasi kolaborasi dan koordinasi, terkait kesiapan Gakkumdu Labuhanbatu dalam penanganan tindak pidana pemilu 2024,” jelas Kajari Labuhanbatu Furkonsyah Lubis.

Selaras sebagaimana peranannya, kata Furkonsyah, Kejari Labuhanbatu juga memiliki posko pemilu yang dapat menerima aduan masyarakat terkait kecurangan maupun pelanggaran pemilu yang berindikasi tindak pidana guna deteksi dini dan cegah dini adanya potensi kerawanan dan ancaman, gangguan, hambatan, tantangan (AGHT) yang dapat mengganggu lancarnya pelaksanaan Pemilu 2024.

Baca juga: Sentra Gakkumdu Konsolidasi Penanganan Pelanggaran Pidana Pemilu 2024

“Tidak hanya itu, Kejari Labuhanbatu juga terus aktif melakukan pemantauan, terkait polarisasi politik dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait baik penyelenggara pemilu maupun pengawas pemilu,” paparnya.

Ketua Bawaslu Labuhanbatu Wahyudi didampingi komisioner Bawaslu, Makmur dan Bernat Panjaitan serta Khairul Nai Hasibuan, menyambut baik kunjungan Kajari Labuhanbatu untuk pengecekan kesiapan Bawaslu dalam penegakan sentra Gakkumdu.

Sejauh ini, kata Wahyudi, belum ada laporan terkait tindak pidana Pemilu. Namun, Kejaksaan memastikan kesiapan tim untuk menerima laporan sampai dengan proses persidangan di Gakkumdu.

Baca juga: Audiensi dengan Polres Toba, Bawaslu Bangun Sinergitas Sentra Gakkumdu Pemilu 2024

” Untuk temuan sudah ada, tapi terkait pelanggaran Kampanye, tapi tidak merupakan pelanggaran Pemilu dan sudah kita tindak lanjuti di Kecamatan Panai Hulu, dan sudah kita sampaikan laporan dan penanganannya kepada Bawaslu Republik Indonesia,”  jelasnya.

Disampaikannya, dalam waktu dekat, Kejaksaan dan Bawaslu akan melakukan monitoring dan kunjungan ke Panwascam selaku tim dari Bawaslu, yang nantinya akan menerima laporan dan pengaduan awal dari peserta Pemilu maupun masyarakat.

Dalam pemantauan Kajari Labuhanbatu ke Bawaslu, turut didampingi Kasi Pidum Jeffry Andi Gultom dan Kasi Intelijen Firman Hermawan Simorangkir serta Kasi PB3R Ardiansyah Hasibuan.(Rizal/hm17)

Related Articles

Latest Articles