20.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Dewan Pers: Kepentingan Rakyat Diutamakan Dalam Pemberitaan Pemilu

Jakarta, MISTAR.ID

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu mengingatkan seluruh insan pers agar berperan sebagai instrumen demokrasi dengan mengutamakan kepentingan rakyat dalam pemberitaan Pemilu 2024.

“Pers yang digunakan harus bisa mewakili kepentingan seluruh warga negara dan bukan kepentingan partai atau pemilih modal tertentu agar pemilu kita murah, adil dan adil”, ujar Ninik dalam sambutannya pada “Kick Off Workshop Pemilu 2024” di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Senin (19/6/23).

Ninik juga mengingatkan agar pers dapat mengambil langkah-langkah untuk mengutamakan kepentingan rakyat, memberikan informasi yang akurat dan kredibel dalam pemberitaannya, yang memperkuat daya intelektual masyarakat.

Baca juga : Terlibat Pemilu 2024, Wartawan Diminta Harus Nonaktif

Belakangan, ia juga mengingatkan insan pers Indonesia untuk tidak melebih-lebihkan atau meremehkan informasi yang dibutuhkan publik saat menyampaikan berita. Menurutnya, langkah ini diperlukan agar masyarakat mendapatkan pendidikan yang layak.

Sebelumnya, Ninik mengajak semua pihak baik partai politik (parpol), pemangku kepentingan dan masyarakat hingga insan pers untuk bekerja sama mensukseskan pemilu 2024.

“Sekali lagi, Dewan Pers ingin mengajak semua pihak, mari bergotong royong, partai politik, pemangku kepentingan, masyarakat, insan pers, baik di media maupun di masyarakat, bersama-sama mendukung keberhasilan Pemilu 2024,” ucapnya.

Baca juga : Jelang Pemilu, AJI Medan Ajak Pers Menjaga Independensi Media dan Demokrasi

Menurut Ninik, seluruh elemen masyarakat Indonesia menjadi bagian penting dalam menciptakan ekosistem demokrasi yang lebih baik dengan melakukan pemilu yang baik pada tahun 2024.

“Jadi kami berharap bisa bekerja sama agar demokrasi yang kita inginkan bisa tercapai,” pungkasnya. (ant/hm18)

Related Articles

Latest Articles