26.1 C
New York
Saturday, September 21, 2024

Bawaslu Sumut Launching Peta Kerawanan Pemilu, Sumut Kategori Sedang

Medan, MISTAR.ID

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar Launching Peta Kerawanan Pemilihan Tahun 2024 Provinsi Sumut di Hotel Karibia, Kecamatan Medan Timur, Kamis (19/9/24).

Ada tiga kategori dalam pemetaan kerawanan pemilihan, yakni rendah, sedang, dan tinggi. Sumut sendiri masuk kategori sedang bersama 28 provinsi lainnya di Indonesia.

Dalam kesempatannya, Ketua Bawaslu Sumut M Aswin Diapari Lubis mengatakan, tujuan pemetaan ini sebagai basis untuk program pencegahan dan pengawasan tahapan pemilihan.

“Hasil pemetaan yang dimaksud akan menjadi alat bagi jajaran Bawaslu guna membuat program-program dalam pengawasan,” kata Aswin.

Baca juga: Buka Pendaftaran Pengawas TPS, Bawaslu Sumut: Butuh 25.233 Petugas

Ia juga menjelaskan bahwa pemetaan ini merupakan pembaharuan atau update dari pemetaan yang sebelumnya telah disusun oleh Bawaslu dari tingkat pusat sampai kabupaten/kota.

“Tingkat kerawanan sedang tinggi atau rendah itu bukan untuk mendiskriminasikan suatu daerah. Tetapi menjadi peringatan dini bagi semua pihak untuk mengantisipasi,” sebutnya.

Kemudian Aswin mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyikapi pemetaan kerawanan ini sebagai peringatan dini sehingga tujuan pelaksanaan Pemilu yang demokratis dapat terwujud di Sumut.

Di kesempatan yang sama, Kordiv Pencegahan dan Parmas Bawaslu Sumut, Suhadi Sukendar Situmorang menyampaikan bahwa Bawaslu di semua tingkatan wajib mengeluarkan Indeks Peta Kerawanan Pemilu.

Baca juga: Pasca Putusan Bawaslu, KPU Labura Rakor dengan Parpol

“Paling lambat akhir September dengan mengundang stakehoder pada tingkat kabupaten/kota,” sebutnya.

Related Articles

Latest Articles