15 C
New York
Saturday, October 12, 2024

Bawaslu Sumut akan Tindaklanjuti Dugaan Pemeriksaan Vandiko Gultom terkait Narkoba

Medan, MISTAR.ID

Surat keterangan pemeriksaan kesehatan Vandiko Gultom mendadak bikin heboh publik. Betapa tidak, hasil pemeriksaan kesehatan calon Bupati Samosir tersebut terindikasi ada gejala narkoba.

Adapun surat tersebut bernomor 440/1084/RSUD/DPT/V/2024 yang dikeluarkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Hadrianus Sinaga milik Pemkab Samosir, yang beralamat di Jalan Dr Hadrianus Sinaga No 86, Pangururan.

Dilihat dalam surat itu, Sabtu (12/10/24), dokter yang melakukan pemeriksaan Napza adalah dokter spesialis jiwa dengan nama dr Manahan Cerarius Fransiskus Pardosi MKed SpKJ yang bekerja di instansi RSUD Hadrianus Sinaga.

Dalam surat itu juga disebutkan bahwa telah melakukan pemeriksaan kepada Vandiko Timotius Gultom dengan tempat tanggal lahir Banjarmasin 16-02-1992. Sedangkan untuk keterangan pendidikan disebutkan S-1, pekerjaan wiraswasta dan status pernikahan belum kawin.

Baca juga: Kantor Bawaslu Sumut Dipasangi Spanduk soal Perkara, Boang: Atensi Kita

Disebutkan lagi bahwa berdasarkan pemeriksaaan fisik diagnostik pada 2 Mei 2024 pukul 10:00 WIB, pemeriksaan Psikiatrik pada 2 Mei 2024 pukul 10:30 WIB dan pemeriksaan tambahan pada 2 Mei 2024 pukul 10:30 WIB, menunjukkan ada gejala-gejala penggunaan narkotika/zat psikotropika.

Kemudian dijelaskan juga bahwa surat keterangan pemeriksaan Napza itu digunakan untuk keperluan melengkapi berkas bakal calon bupati.

Menanggapi hal itu, Kordiv Humas Datin Bawaslu Sumut, Saut Boang Manalu saat dikonfirmasi Mistar mengaku bahwa pihaknya baru mengetahui informasi tersebut.

“Justru saya baru tahu ini. Meski begitu, ini sudah saya teruskan ke Bawaslu Samosir untuk ditindaklanjuti,” kata Saut, Sabtu (12/10/24).

Baca juga: Bawaslu Sumut Belum Temukan APK yang Langgar Aturan

Dijelaskan Saut, bahwa yang mengetahui hasil pemeriksaan kesehatan para calon kepala daerah hanyalah dokter yang memeriksa dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Jadi kita memang hadir saat penyampaian hasil pemeriksaan itu, namun untuk berkasnya atau secara rinci kita tidak ada. Hanya KPU yang ada,” tutupnya.

Untuk diketahui, Vandiko Gultom adalah Calon Bupati Samosir di Pilkada Samosir 2024. (rahmad/hm25)

Related Articles

Latest Articles