10 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Anggota DPRD, Caleg hingga Camat Dilaporkan ke Bawaslu Kota Siantar

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Gerakan Mahasiswa dan Rakyat Untuk Perubahan (Gemuruh) melaporkan anggota DPRD Kota Siantar, Boy Iskandar Warongan, calon anggota DPRD Siantar Line Rista Saragih ke Bawaslu. Laporan tertanggal 3 Februari 2024 tersebut juga melampirkan sejumlah bukti.

Berdasarkan laporan yang diterima Mistar.id, Gemuruh juga melaporkan Camat Siantar Marimbun, Lurah Tong Marimbun dan Lurah Nagahuta. Gemuruh menduga adanya kepentingan pribadi caleg tertentu yang memanfaatkan bantuan sosial berupa beras ke masyarakat.

“Hasil investigasi kami membenarkan adanya video yang beredar di masyarakat bahwa kartu undangan penerima sosial disusupi kartu nama salah satu caleg dan beserta video pengakuan dari masyarakat bahwa adanya kartu undangan yang ditahan digantikan dengan kartu nama caleg dalam proses pengambilan bantuan di kantor pos,” demikian cuplikan isi laporan.

Baca juga:Caleg Siantar: Cost Politik Mahal, yang Berduit Menang

Selain Itu, Gemuruh juga menyertakan poster-poster calon tertentu yang diduga diterima masyarakat saat pengambilan bantuan sosial.

“Kami menduga erat kaitannya dengan kekuasaan karena yang kami ketahui istri dari Camat maju menjadi seorang caleg beserta dengan menantu wali kota yang kami laporkan,” sambung isi laporan.

Gemuruh menduga kejadian tersebut berada di Kelurahan Tong Marimbun dan Kelurahan Naga Huta.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas, Frenki Dermanto Sinaga membenarkan laporan yang masuk tersebut. Namun ia mengaku tidak dapat menindaklanjuti karena laporan masuk di luar hari kerja.

Baca juga: Selama Kampanye, Bawaslu Kota Siantar Belum Ada Tindak Pelanggaran

“Maka dari itu kami meminta untuk merubah laporan yang masuk. Kami hanya bisa menerima laporan hari Senin sampai Jumat,” kata Frenki, Senin (5/2/24).

Presidium Gemuruh, Chotibul Umam Sirait mengaku tidak menerima informasi terkait waktu laporan tersebut. Pun begitu, pihaknya, kata Umam bersedia memperbaiki sesuai arahan Bawaslu Siantar.

“Pastinya kita siap kalau nanti diminta merubah,” singkatnya. (gideon/hm17)

Related Articles

Latest Articles