18.6 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

WNI di Gaza Segera Dievakuasi

Jakarta, MISTAR.ID

Dampak dari perang Israel-Hamas, maka Kementerian Luar Negeri RI segera mengevakuasi warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Gaza. Dimana, wilayah ini merupakan wilayah paling terdampak perang.

“Pemerintah Indonesia sudah menyusun rencana kontingensi evakuasi WNI dengan beberapa skenario situasi terkait perang Hamas-Israel,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhamad Iqbal, Selasa (10/10/23).

Kini, pihak-pihak terkait evakuasi sedang berkoordinasi satu sama lain. Sebab, masih ada 10 WNI yang belum bisa keluar dari Gaza.

Baca juga: Kemenlu RI: Tidak Ada Korban WNI saat Bencana Banjir di Amerika Serikat

“Saat ini Pemerintah, melalui KBRI Amman, KBRI Beirut dan KBRI Kairo sedang berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengevakuasi WNI yang berada di wilayah Palestina,” kata Iqbal.

Sedangkan Direktur Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha sudah meminta WNI di Israel dan Palestina agar segera meninggalkan kedua negara tersebut.

“Situasi keamanan di lapangan bervariasi. Lokasi yang masih memungkinkan pergerakan terbilang aman, seperti beberapa titik di Israel. WNI diminta untuk segera meninggalkan wilayah tersebut, termasuk bagi para WNI wisatawan,” ucap Judha. (berbagai sumber/hm20)

Related Articles

Latest Articles