17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang Seminggu ke Depan

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, Sumatera Utara termasuk satu diantara 27 provinsi di Indonesia yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang dalam periode 13 – 20 September 2021.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto mengatakan, fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin terpantau aktif di wilayah Indonesia hingga seminggu ke depan.

“MJO, gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin adalah fenomena dinamika atmosfer yang mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas di sekitar wilayah aktif yang dilewatinya,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (14/9/21).

Baca juga: Malam Nanti 4 Wilayah Sumut Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

Guswanto menyebut, fenomena MJO dan gelombang Kelvin bergerak dari arah Samudra Hindia ke arah Samudra Pasifik melewati wilayah Indonesia dengan siklus 30-40 hari pada MJO, sedangkan pada Kelvin skala harian.

“Sebaliknya, fenomena Gelombang Rossby bergerak dari arah Samudera Pasifik ke arah Samudra Hindia dengan melewati wilayah Indonesia,” sebutnya.

Guswanto menjelaskan, sama halnya seperti MJO maupun Kelvin, ketika Gelombang Rossby aktif di wilayah Indonesia maka dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah indonesia.

Selain itu, terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dapat mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Suhu muka laut dan anomali suhu muka laut juga terpantau masih hangat di sebagian besar perairan di Indonesia, yang mendukung peningkatan suplai uap air sebagai sumber pembentukan awan-awan hujan

“Kondisi tersebut juga didukung oleh masih tingginya kelembaban udara di sebagian besar wilayah di Indonesia hingga seminggu ke depan,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak (IBF-Impact Based Forecast) BMKG, potensi dampak bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang dan tanah longsor akan terjadi di empat daerah di Indonesia pada 15 September 2021.

“Itu diprediksi akan terjadi di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur dengan level siaga,” tukasnya.

Baca juga: Waspada! Sumut Potensi Hujan Lebat-Gelombang Tinggi Hari Ini

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi.

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini di http://www.bmkg.go.id,” pungkasnya. (ial/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles