23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Wah! 32 Biksu Berjalan Kaki dari Thailand Menuju Candi Borobudur, Berikut Alasanya

Nasional, MISTAR.ID

32 biksu pergi ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah untuk menjalankan ritual Tudong yaitu jalan kaki dari Nakhon Si Thammarat, Thailand. Mereka melakukan perjalanan panjang itu untuk merayakan Waisak di Candi Borobudur.

Waisak, adalah hari raya keagamaan umat Buddha yang akan berlangsung pada 4 Juni 2023 mendatang. Mereka telah memulai perjalanan ritual ini dengan rute Thailand-Malaysia-Singapura-Indonesia sejak 25 Maret 2023, dan direncanakan tiba di Borobudur pada 2 Juni.

Mengapa biksu dari Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia berjalan kaki ke Candi Borobudur? Thudong sendiri merupakan perjalanan religi yang harus dilakukan dengan berjalan kaki.

Baca juga: Kisah Biksu Menolong Arwah Sang Ibu di Neraka dan Melepas Burung Saat Imlek

Tradisi jalan kaki ini sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu. Tujuan jalan kaki dari Thailand ke Indonesia adalah salah satu bentuk keteguhan religi.

Dalam prosesnya, kebutuhan 32 biksu tersebut dipenuhi oleh umat Buddha dari daerah lain. Namun, tidak hanya umat Buddha yang mendapat sambutan hangat dari para biksu ini, tetapi juga orang-orang dari agama lain.

Total jarak yang ditempuh oleh 32 biksu diperkirakan mencapai 2600 km. Biasanya yang melakukan upacara Thudong adalah biksu yang sudah berpengalaman.

Baca juga: Ingin Tahu Apa Itu Cap Go Meh? Berikut Ini Pemaparannya

Agar upacara ini berjalan lancar dan sukses, ada kendaraan berbentuk bus yang disiagakan untuk mengikuti perjalanan 32 biksu tersebut. Ritual ini juga memecahkan rekor MURI. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles