22.4 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Suara Misterius Gegerkan Warga Sumenep, Tim Ahli Turun Tangan

Sumenep, MISTAR.ID

Dalam sepekan belakangan, suara misterius disertai getaran menghebohkan warga Desa Muncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Jawa Timur. Untuk mencari asalnya, tim ahli dari Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, termasuk ahli geologi dan seismolog, telah mengumpulkan data terkait fenomena tersebut.

Seperti dilansir detikJatim, Selasa (15/8/23), Ketua Tim Pendukung Pengkajian Tata Ruang Dinas Sumenep dan Ketua Tim Pengkajian Risiko Bencana Ardiyanto Maksimilianus mengatakan, ada empat hal yang didapat dari konfirmasi banyak pihak terkait suara misterius Sumenep.

Berikut adalah hasil analisisnya:

1. Berdasarkan hasil seismik Jajag Banyuwangi, pada saat kejadian tidak ada aktivitas, khususnya Sabtu (12/8/23) antara pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB. Secara umum, seismograf dapat secara efektif mendeteksi gempa bumi dalam radius 500 km.

Baca juga: Ada Suara Misterius Disertai Getaran di Sumenep

2. Hasil identifikasi batuan di lokasi tim ahli ITN Malang menunjukkan batu gamping berukuran besar.

3. Telah diperoleh informasi mengenai sumber bunyi yang mungkin keluar dari pipa drainase 4 dim yang berada di bawah rumah penduduk. Pipa itu sudah dipasang sejak 2017.

“Berdasarkan informasi yang kami dapat, pipa tersebut sudah beroperasi sejak 2017. Menurut informasi dari warga sekitar, terdengar suara saat pipa dinyalakan,” kata Ardi.

4. Hasil sensor KMMI BMKG pusat menunjukkan adanya getaran secara periodik.

Baca juga: Suara Dentuman Gegerkan Warga Bandung

Hasil dari BMKG pusat kemudian dikoordinasikan dengan seismolog dan geologist. Akibatnya, dua hal terjadi.

Related Articles

Latest Articles