25.3 C
New York
Monday, July 15, 2024

Sistem Pusat Data Nasional Bermasalah, Pelayanan Imigrasi dan Bandara Terganggu

Jakarta, MSITAR.ID

Pusat Data Nasional (PDN) mengalami gangguan sistem sehingga berdampak terhadap pelayanan di imigrasi dan bandara. Atas kondisi itu, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia berupaya memulihkan.

“Kami berupaya memulihkan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data cadangan PDN di Batam, dan kami berupaya memulihkan layanan secepatnya,” ujarnya, Kamis (20/6/24).

Pelayanan di kantor imigrasi, unit pelayanan paspor, unit kerja, serta pos pemeriksaan di bandara dan pelabuhan untuk sementara mengalami kendala akibat gangguan tersebut. Namun dipastikan calon penumpang internasional di bandara akan tetap dilayani oleh petugas imigrasi.

Meski sistem padam, pihak imigrasi tetap memberikan pelayanan optimal kepada calon penumpang internasional untuk membantu mereka berangkat sesuai jadwal penerbangan serta membantu kedatangan penumpang internasional.

Baca juga: Kapolri: Rp 26,36 T Dana Polri Dipakai Beli Produk Dalam Negeri

Akibat gangguan sistem tersebut, Karim menyarankan calon penumpang internasional untuk tiba lebih awal di bandara untuk mengantisipasi pemeriksaan antrian imigrasi yang lebih panjang.

Sedangkan masyarakat yang dijadwalkan datang ke kantor imigrasi untuk pelayanan paspor tetap dilayani seperti biasa.

“Namun pengurusan permohonan paspor satu hari belum bisa dilakukan dan akan dimulai kembali segera setelah sistem kembali normal. Ditjen Imigrasi akan segera menginformasikan kepada masyarakat ketika sistem PDN sudah kembali normal dan pelayanan imigrasi dapat beroperasi penuh,” kata Karim. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles