24.6 C
New York
Friday, June 21, 2024

Siap Bertemu Jokowi, Kaisar Jepang Akan Berkunjung ke Borobudur

Jakarta, MISTAR.ID

Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito dan Permaisuri Masako Owada akan bertemu Presiden Joko Widodo pada Senin (19/6/23) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, dalam kunjungan perdananya ke Indonesia.

“Permaisuri Masako akan menemani Kaisar Jepang Naruhito dalam kunjungannya ke Istana Kepresidenan Bogor untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin di Jakarta, Sabtu (17/6/23).

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako mendarat di Soekarno Hatta International, Tangerang, Banten, sekitar pukul 16.20. WIB (Waktu Standar Indonesia Bagian Barat) pada hari Sabtu untuk kunjungan kenegaraan ke Indonesia.

Baca juga; Kaisar Jepang Naruhito Akan Kunker ke Indonesia Mulai 17-23 Juni

Kaisar juga dijadwalkan mengunjungi sejumlah tempat seperti Depo MRT (Mass Rapid Transit) Lebak Bulus, Stasiun Pompa Waduk Pluit, dan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Kunjungan tersebut menandai kunjungan pertama Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada 2019. Ia dan pasangannya akan tinggal di Indonesia selama seminggu sebelum kembali ke Tokyo, Jepang.

Baca juga; Diundang Jokowi, Kaisar Jepang dan Permaisuri Perdana Kunjungi Indonesia

Setibanya di bandara, pasangan ini disambut oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi, dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Jepang, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan bahwa Indonesia telah berulang kali mengundang kaisar untuk berkunjung ke negara tersebut, termasuk dalam kesempatan kunjungan Widodo ke Tokyo pada Juli 2022.

“Saya yakin bahwa kunjungan ini akan semakin memperkuat tingkat persahabatan dan kerja sama yang baik dengan Indonesia, dan saya bersama masyarakat Jepang merasakan kegembiraan yang luar biasa,” tambah Kishida. (antara/hm17)

 

Related Articles

Latest Articles