12.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Sejarah Hari Tanah Sedunia dan Tujuan Tema Tahun 2023

Jakarta, MISTAR.ID

Hari Tanah Sedunia (World Soil Day) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Desember.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) memutuskan 5 Desember 2014 menjadi Hari Tanah Sedunia yang pertama. Tanggal ini ditentukan karena berhubungan dengan hari lahir almarhum Raja Thailand, HM Bhumibol Adulyadej adalah salah satu pendukung utama yang menggagas peringatan ini.

Tujuan peringatan Hari Tanah Sedunia dimaksud untuk menyadarkan masyarakat global terkait pentingnya menjaga kelestarian tanah. Peringatan ini juga untuk menggapai metode pertanian pangan yang berkesinambungan dan tangguh.

Baca juga:Tanah dan Batu Longsor Timbun Pemukiman Warga di Humbahas, Berikut Data Sementara

Tanah mempunyai peranan vital bagi semua kehidupan di dunia. Pasalnya, tanah menyokong aktivitas tumbuhan dengan cara menyediakan unsur hara serta air dan menjadi penopang akar tumbuhan.

Oleh karena itu, sudah sewajarnya masing-masing insan manusia menjaga kelestarian tanah.

Banyak metode yang dapat dilaksanakan dalam memperingati Hari Tanah Sedunia. Sepertinya kampanye pentingnya menjaga air dan tanah hingga menyebarkan kalimat-kalimat ucapan Hari Tanah Sedunia.

Baca juga:Tanah dan Batu Besar Longsor Timbun Rumah Warga Humbahas, 12 Orang Dinyatakan Hilang

Sesuai sejarahnya, Hari Tanah Sedunia direkomendasikan International Union of Soil Sciences (IUSS). Food and Agriculture Organization (FAO) juga mensupport secara formal pembentukan  Hari Tanah Sedunia menjadi platform untuk menaikkan kesadaran vitalnya merawat maupun memelihara kesehatan tanah.

Konferensi FAO menetapkan Hari Tanah Sedunia pada Juni 2013 dan meminta pengesahan sahnya di Majelis Umum PBB ke 68. Akhirnya Majelis Umum PBB merespon dengan menetapkan 5 Desember 2014 menjadi Hari Tanah Sedunia pertama.

Ditetapkan tanggal 5 Desember untuk mengenang dan menghormati hasil kerja Raja Thailand, HM Bhumibol yang luar biasa dalam menjadikan hari itu kenyataan.

Baca juga:Begini Sejarahnya Tanggal 16 Juni Diperingati Hari Sayuran Segar Sedunia

‘Soil and water, a source of life (Tanah dan air, sumber kehidupan)’ adalah tema Hari Tanah Sedunia tahun 2023 ini

Tema itu diputuskan dipilih sebab air dan tanah begitu vital untuk penyerapan nutrisi oleh tanaman dan mengikat ekosistem bersama. Keterikatan simbiosis ini sebagai fondasi dari sistem pertanian.

Dirangkum dari United Nations, Hari Tanah Sedunia mempunyai maksud dalam meningkatkan kesadaran dan pentingnya memelihara ekosistem yang sehat. Juga kesejahteraan manusia dengan menanggulangi tantangan yang berkembang dalam pengelolaan tanah.

Related Articles

Latest Articles