10.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Presiden Terbang ke China dan Arab Saudi Bahas Sejumlah Kerja Sama

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) berangkat menuju Beijing, China, dari Bandara Soekarno-Hatta, Provinsi Banten, Senin (16/10/23).

Presiden dijadwalkan berada di Beijing hingga 18 Oktober 2023 untuk kunjungan bilateral serta menghadiri Belt and Road Forum International Cooperation.

“Hari ini saya dan delegasi melakukan kunker ke Beijing dan Riyadh, 2 acara besar di Beijing tanggal 17 dan 18 Oktober yaitu kunjungan bilateral dan bertemu Presiden Xi Jin Ping dan hadir di Belt and Road Forum International Cooperation yang ketiga,” ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers sebelum keberangkatan seperti dikutip dari laman YouTube Sekretariat Presiden, Senin (16/10/23).

Baca juga : Jessica Wongso Ogah Minta Grasi ke Presiden RI

Selain pertemuan bilateral dengan Presiden Xi Jin Ping, Jokowi bertemu dan Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Li Qiang dan Ketua Parlemen RRT Zhiao Leji.

Ada sejumlah isu prioritas yang dibahas dalam pertemuan itu.Rincian isu prioritas yakin peningkatan eksport Indonesia, peningkatan investasi dan pembangunan ketahanan pangan.

Setelah kunjungan ke RRT, Presiden akan menuju Riyadh, Arab Saudi.

Baca juga : Presiden Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Perdagangan yang Menggunakan Media Sosial

“Pada 18 Oktober saya lanjutkan perjalanan ke Riyadh untuk melakukan kunjungan resmi, bersama Putra Mahkota, dan memimpin KTT pertama ASEAN JCC,” ucap Kepala Negara.

Menurut Presiden, sejumlah kerja sama dengan kerajaan Arab Saudi akan dibahas.

Rinciannya ialah peningkatan kerja sama ekonomi, penjaminan produk halal, energi dan pembentukan dewan koordinasi tertinggi. Pada 21 Oktober 2023, Presiden akan kembali ke Tanah Air. (medcom/hm18)

Related Articles

Latest Articles