13.5 C
New York
Sunday, October 27, 2024

Prabowo: Jangan Ada Proyek Mercusuar, Kita Harus Swasembada Pangan

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Prabowo Subianto menegaskan supaya tidak ada proyek mercusuar di seluruh kementerian dan lembaga yang dipimpinnya.

Selain itu, Prabowo juga menegaskan agar di masa kepemimpinannya, Indonesia bisa swasembada pangan, dan swasembada energi.

Penegasan-penegasan itu disampaikan oleh Prabowo dalam sidang kabinet paripurna di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Rabu (23/10/24).

“Ada beberapa pengarahan dari saya Menteri Bappenas, pastikan semua program dan kegiatan di semua kementerian lembaga mempunyai kontribusi yang signifikan, terukur dan saling bersinergi,” tuturnya dilansir detik.

Baca juga: Target APBN Presiden Prabowo Mencapai Rp 3.005 Triliun

Lebih lanjut, Prabowo meminta supaya semua proyek dipelajari Kembali, untuk memastikan tidak ada lagi proyek mercusuar.

Pelajari kembali semua proyek, jangan ada proyek yang mercusuar,” tegasnya.

“Semua (proyek) ditujukan kepada yang saya sampaikan pada pidato saya di depan MPR pada hari pelantikan saya, kita harus swasembada pangan, itu prioritas dasar karena situasi global,” sambungnya.

Baca juga: Menteri Wihaji Ungkap Dua Poin Pesan Presiden Prabowo

Perang, kata Prabowo, bisa pecah kapan saja di tengah ketegangan situasi global. Karena itu, Prabowo menekankan negara harus mampu memberi makan rakyat sendiri.

“Swasembada energi, mutlak. Kita bersyukur kita punya sumber alam yang sangat besar, kita sekarang tidak boleh ragu-ragu memanfaatkannya sebaik-baiknya,” tegasnya.

Saat itu, Prabowo juga menekankan terkait hilirisasi. Ia menginginkan menteri terkait, menginventarisasi proyek-proyek penting dalam hilirisasi. Sebab, menurutnya, hilirisasi adalah kunci dari pada kemakmuran.

“Karena itu saya minta menteri-menteri terkait, Menteri Investasi-Hilirisasi, menteri Bappenas, Menteri ESDM, dan beberapa menteri lain dibantu oleh tentu Menko Perekonomian dan Ketua Dewan Ekonomi Nasional saya minta segera inventarisir proyek-proyek penting dalam program hilirisasi kita,” tukasnya. (dtc/hm27)

Related Articles

Latest Articles