29.2 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Peringatan! Hujan dan angin kencang berpotensi terjadi di 21 provinsi saat Idul Adha 29 Juni

Jakarta, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kemungkinan terjadinya hujan sedang hingga lebat di 21 wilayah Indonesia pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah pada Kamis, 29 Juni 2023.

Menurut BMKG, peluang terjadinya hujan disebabkan adanya sirkulasi siklon yang terpantau di Samudera Hindia selatan NTT yang membentuk perlambatan kecepatan angin (zona konvergensi) memanjang di Samudera Hindia Selatan NTT, dan pertemuan (konfluensi) angin di Laut Timor dan Laut Flores.

“Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklon dan di daerah konvergensi atau konfluensi,” tulis BMKG dalam keterangan resmi, Rabu (28/6/2023).

Baca juga : BMKG: Hati-hati dengan Banjir di Pegunungan Karena Hujan Lebat

Sementara itu, BMKG menyebut daerah konvergensi lainnya terpantau mulai dari Aceh sampai Semenanjung Malaysia, dari perairan barat Lampung sampai Jambi, di Laut Natuna, Selat Makassar sampai Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Papua dan memanjang ke utara serta Samudera Pasifik di Papua Barat.

“Daerah pertemuan lainnya juga diamati di Riau, Laut Cina Selatan, Laut Jawa, dan Laut Sulu. Kondisi ini dapat meningkatkan potensi tumbuhnya awan hujan di daerah konvergen atau konfluensi,” ujarnya.

BMKG juga melaporkan bahwa BBS menembus udara kering melintasi Samudera Hindia selatan dari Bali hingga barat daya Sumatera, yang dapat mengangkat uap air lembab di depan permukaan penetrasi dan menjadi lebih hangat dan basah di Samudera Hindia barat daya Sumatera Selatan-Jawa.

Baca juga : BMKG Medan : Waspada Hujan Lebat di Wilayah Pegunungan Sumut

Berikut adalah 21 wilayah di Indonesia yang kemungkinan akan turun hujan besok. Hujan deras yang dapat disertai petir atau guntur dan angin kencang dapat terjadi hingga di 18 tempat, yaitu:

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Sumatera Barat

4. Riau

Baca juga : BMKG: Waspadai Gelombang Setinggi Capai 4 Meter di Perairan Indonesia

5. Kep. Riau

6. Bengkulu

7. Jambi

8. Sumatera Selatan

9. Kep. Bangka Belitung

10. Lampung

Baca juga : BMKG: Potensi Gelombang Tinggi Beresiko Terhadap Keselamatan Pelayaran

11. Jawa Barat

12. Kalimantan Barat

13. Kalimantan Tengah

14. Sulawesi Utara

15. Gorontalo

16. Maluku Utara

17. Papua Barat

18. Papua

Baca juga : Dua Hektare Lahan di Aceh Besar Terbakar, BMKG: Waspadai Dampak El Nino dan IOD

Sementara itu, sebanyak 3 wilayah berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang yaitu:

1. Banten

2. DKI Jakarta

3. Jawa Tengah (okz/hm18)

Related Articles

Latest Articles