28.7 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Jelang H-1 Idul Adha, Permintaan Hewan Kurban Masih Tinggi di Medan

Medan, MISTAR.ID

Permintaan hewan kurban di Kota Medan pada H-1 perayaan Idul Adha masih tinggi, Rabu (28/6/23). Peternak mengaku mendapatkan peningkatan permintaan dibandingkan tahun 2022 lalu.

Hal ini dikatakan salah seorang peternak di Kelurahan Kampung Lalang, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Toto (40).

“Permintaan hewan kurban masih tinggi hingga hari ini. Baik dari pembeli secara langsung maupun yang dipesan lewat pengurus masjid,” kata Toto.

Pantauan mistar.id, Rabu (28/6/23), untuk harga domba di Kota Medan mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per ekor. Sedangkan harga kambing berkisar Rp 1,7 hingga Rp 4 juta per ekor.

Baca juga: PTPN II Potong 19 Ekor Hewan Kurban, Dibagikan ke Warga Kurang Mampu

“Sementara, untuk harga lembu atau sapi mulai dari harga Rp 14 jutaan hingga Rp 40 jutaan per ekor. Berdasarkan bobotnya,” tambahnya.

Toto juga menjelaskan tentang perbedaan hewan kurban yang sehat dan tidak sehat. Menurutnya, para peternak harus memiliki sertifikat dari Dinas Kesehatan setempat untuk memastikan hewan ternaknya telah layak untuk dijual kepada masyarakat.

“Sedangkan peternak yang kurang sehat tidak memiliki sertifikat dari Dinas Kesehatan atau sering disebut peternak informal (ternak bebas), “ ujar Toto kepada mistar id.

Ia menambahkan, perawatan untuk hewan ternak masih menggunakan berbagai makanan alami, seperti rumput, tumbuhan jagung, dan lain-lain.

Baca juga: Daftar Harga Sapi Kurban 2023 dari Sejumlah Sumber, Cek Disini

“Juga memberikan vitamin secara rutin untuk kesehatan hewan itu sendiri,” tutupnya. (Saferius/hm20)

Related Articles

Latest Articles