29.4 C
New York
Sunday, June 23, 2024

Panas Maksimum di Indonesia Sepekan ke Depan Capai 36 Celcius

Jakarta, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan dalam sepekan ke depan hampir seluruh wilayah di Indonesia akan dilanda suhu panas. Suhu panas tersebut maksimum harian hingga mencapai 36 derajat celsius.

Tim Pusat Meteorologi Publik BMKG Miming di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa dalam dua hari terakhir bahkan kondisi suhu panas maksimum tersebut sudah mulai melanda sejumlah wilayah mulai dari Sumatera Utara, Aceh, Jawa Timur, dan Bali.

Berdasarkan hasil analisa tim ahli meteorologi BMKG pada Selasa (11/6) siang, suhu terpanas di wilayah Aceh setinggi 36,6 derajat celcius dan Sumatera Utara 35,9 derajat celcius.

Baca juga:BMKG Ungkapkan Kekeringan Sejumlah Daerah Hingga September 2024

Di saat yang sama Tim meteorologi juga menganalisa suhu panas maksimum setinggi 34,8 – 34,0 derajat celcius melanda sebagian besar wilayah di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Banten, Sumatera Selatan, Jawa Timur dan Bali.

“Ya, kondisi ini masih perlu kita waspadai dalam sepekan ke depan yang mana siang hari jadi titik suhu terpanas,” ujarnya.

Tim meteorolgi BMKG mengatakan secara umum suhu panas maksimum pada siang hari tersebut disebabkan karena gerak semu matahari dengan jarak terdekat di equator.

Fenomena ini sekaligus menandakan musim kemarau mulai melanda Indonesia seperti yang sudah  diprakirakan sebelumnya akan berlangsung Juni – September 2024.

Demi mengurangi dampak suhu panas, BMKG mengimbau masyarakat untuk mengkonsumsi air mineral secara cukup dan teratur agar terhindar dari dehidrasi, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga:BMKG Sebut Heat Wave Bukan Penyebab Suhu Panas di Indonesia

Kemudian agar menggunakan pelindung seperti topi atau payung untuk melindungi kepala dan tubuh bagian atas, kacamata hitam melindungi mata, dan tabir surya untuk melindungi diri kulit dari paparan sinar ultra violet (UV).

BMKG akan memastikan masyarakat mendapatkan informasi yang aktual setiap harinya terkait hasil analisa suhu panas dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG. (mrt/hm06)

Related Articles

Latest Articles