22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Menag: Tindakan Keji Berbalut Agama Makin Marak

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Agama Fachrul Razi menilai tindakan keji yang mengatasnamakan agama semakin marak terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Fachrul mengatakan tindakan tidak terpuji itu selalu dimulai dari intoleransi. Kemudian dilanjutkan dengan ujaran kebencian untuk menghasut tindak kekerasan yang dibalut dengan ajaran agama.

Baca Juga:Menag akan Terbitkan Aturan Ibadah Natal

“Tak dapat dipungkiri akhir-akhir ini semakin marak tindakan kekejian dan kekerasan yang mengatasnamakan agama atau seolah-olah sebagai perintah agama,” kata Fachrul dalam Colloquium Tokoh Agama yang disiarkan akun Youtube Kemenag RI, Rabu (25/11/20).

Fachrul menyebut fenomena itu tak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga negara-negara seperti Perancis, Inggris, Selandia Baru, Suriah, Afghanistan, Libya, hingga India.

Mantan Wakil Panglima TNI itu yakin setiap agama lahir dalam misi mulia. Namun, seiring perkembangan waktu, ada sebagian manusia yang salah menafsirkan teks-teks ajaran agama.

Baca Juga:Wow! Plt Kakan Kemenag Madina Minta Mantan Kakan Kemenag Sumut Kembalikan Uang Rp750 Juta

“Sebagian pemeluk agama tidak berpegang teguh pada esensi dan hakikat agamanya, melainkan fanatik pada tafsir kebenaran versi yang disukainya dan terkadang sesuai kepentingan ekonomi dan politiknya,” ujarnya.

Untuk mengatasi situasi itu, Fachrul menekankan pentingnya toleransi. Ia berharap para pemuka agama dapat menumbuhkan ajaran toleransi lewat moderasi beragama.

“Penguatan moderasi beragama sangat mendesak dilakukan. Agama selalu lahir dalam misi mulianya, yaitu perdamaian dan keselamatan,” ucap Fachrul.(cnnindonesia.com/hm01)

Related Articles

Latest Articles