19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Kronologi Brimob Masuk Masjid Pakai Sepatu dan Usir Pendemo

Padang, MISTAR.ID

Dari sebuah video yang viral di media sosial, diketahui sejumlah personel Brimob Polda Sumbar masuk ke Masjid Raya Sumatera Barat, Kota Padang, tanpa membuka sepatu saat mengusir pendemo, Sabtu (5/8/23) lalu. Bahkan, personel diketahui menginjak karpet sajadah.

Masuknya personel brimob ke dalam masjid saat warga asal Air Bangis istirahat dan tidur setelah demo berhari-hari. Menurut seorang saksi, Hamzah (24) mengatakan personel masuk mencari pendemo ke lantai satu masjid.

Hamzah menyebutkan, ruangan lantai satu Masjid Raya Sumatera Barat biasanya digunakan sebagai aula. Tidak dipakai sebagai ruang sholat. Sedangkan ruangan sholat ada di lantai dua. Di ruang sholat, tidak diperbolehkan untuk tidur.

Baca juga: Wadankor Resmikan Mako Brimob I Polri di Binjai, Ini Tujuannya

“Kejadian sekitar jam empat sore. Polisi memaksa pendemo keluar. Polisi terlihat membawa senjata pelontar gas air mata. Mereka memang tidak membuka sepatu,” kata Hamzah, Senin (7/8/23).

Terkait informasi yang menyebutkan menginjak-injak sajadah, Hamzah mengatakan jika yang diinjak personel memang sajadah. Hanya saja, sajadah tersebut tidak digunakan lagi untuk sholat.

“Yang diinjak merupakan sajadah cadangan. Tidak dipakai lagi oleh pengurus masjid. Sajadah itu dipakai pendemo yang menginap sebagai alas tidur,” jelas Hamzah.

Related Articles

Latest Articles