21 C
New York
Thursday, July 4, 2024

Ini Rekam Jejak Mochammad Afifuddin yang Ditunjuk Sebagai Plt KPU RI

Jakarta, MISTAR.ID

Hasil pleno tertutup yang dilakukan Komisioner KPU RI di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (4/7/24). Memutuskan untuk memberikan mandat kepada Mochammad Afifuddin sebagai Pelaksana Tugas Ketua KPU untuk melakukan tugas organisasi.

”Keputusan ini sudah bulat,” kata Komisioner KPU Agus Melaz yang dilansir MIstar.

Adapun rekam jejak Mochammad Afifuddin yang ditunjuk sebagai Plt KPU RI, sebagai berikut:

Mochammad Afifuddin masih menjabat sebagai anggota Bawaslu RI yang memimpin divisi pengawasan dan sosialisasi.

Dilansir dari laman resmi Bawaslu RI, ia menamatkan studi S1 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 2004. Sementara, gelar magister Ilmu Politik didapatnya dari Universitas Indonesia tahun 2007.

Baca juga: Mochammad Afifuddin Ditunjuk Sebagai Plt Ketua KPU RI

Afifuddin memulai karier di bidang kepemiluan dengan bergabung sebagai anggota Sekretariat Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (Seknas JPPR). Selama 2013-2015, ia diberi mandat sebagai Koordinator Nasional (Kornas) JPPR. Kemudian, pada 2015-2017, ia menjadi salah satu anggota Dewan Pengarah JPPR.

Selain itu, ia pernah mengajar di jurusan Ilmu Politik, FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk mengampu mata kuliah Pemilu Indonesia, Komunikasi Politik, dan Pengantar Ilmu Politik. Ia juga pernah aktif sebagai salah satu Board of Director Asian Network for Free Elections (ANFREL), lembaga pemantau Asia yang berkantor di Bangkok.

Dia juga sempat aktif di kepengurusan Gerakan Pemuda Ansor, organisasi kepemudaan yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU). Pindah dari Bawaslu ke KPU Ketika mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPR, Rabu (16/2/22).

Baca juga: Catatan Kontroversi Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari

Related Articles

Latest Articles