16 C
New York
Wednesday, April 17, 2024

Hadapi Ancaman Bencana Hidrometeorologi, DKI Aktifkan Posko di 267 Kelurahan

Jakarta, MISTAR.ID

Untuk mengantisipasi ancaman bencana hidrometeorologi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengaktifkan posko siaga bencana di semua kantor kelurahan.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, posko bencana tersebar di 267 kantor kelurahan di Ibu Kota. Tak hanya itu, BPBD juga memiliki posko antisipasi bencana di tingkat provinsi yang beroperasi 24 jam.

“Sebanyak 267 kantor kelurahan yang ada di Jakarta telah mengaktifkan posko siaga bencana sebagai implikasi lurah sebagai manajer penanggulangan bencana menurut Kepgub Nomor 1245 Tahun 2020 tentang Penetapan Lurah sebagai Pengelola Penanggulangan Bencana di Wilayah Kelurahan,” ujarnya, Senin (19/2/24).

Baca Juga : Cuaca Ekstrem 2023 di Sumut, Antara Fenomena El Nino dan Kondisi Hidrometeorologis

Isnawa menjelaskan, saat ini BPBD memiliki 267 petugas penanggulangan bencana/TRC yang bekerja sama 4.000 lebih pasukan biru milik Dinas SDA beserta ribuan personel lainnya yang berasal dari Dinas Gulkarmat, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Bina Marga, dan lain-lain yang akan bertugas selama 24 jam.

“Masyarakat dapat mengadukan apabila mengalami atau menemukan keadaan darurat melalui Jakarta Siaga 112 secara gratis yang beroperasi 24 jam nonstop. Untuk aduan kondisi kemasyarakatan lainnya dapat diadukan melalui Cepat Respon Masyarakat (CRM) yang mengintegrasikan seluruh kanal pengaduan resmi Pemprov DKI Jakarta, seperti JAKI, media sosial, dan lain-lain,” ungkapnya. (dtc/hm24)

Related Articles

Latest Articles