13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Antisipasi Longsor Selama Mudik, Polda Sumut Siagakan Goldoser dan Helikopter

Medan, MISTAR.ID

Selama hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024, Polda Sumut siagakan alat berat mulai dari Goldoser bahkan Helikopter di sejumlah lokasi rawan bencana seperti longsor dan banjir.

Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Efendi menyebut, ia sudah memerintahkan agar seluruh jajarannya di wilayah Sumut telah menyiapkan peralatan. Termasuk perihal dalam mengatasi kemacetan.

“Kita telah siagakan mulai dari Goldoser untuk mengantisipasi apabila ada jalan terputus karena longsor,” ujar Irjen Agung Rabu (3/4/24) di Polda Sumut.

Selain peralatan, petugas SAR turut bersiaga untuk melakukan penyelamatan dan pencarian masyarakat ketika sewaktu-waktu terjadi banjir. Kemudian, Polda Sumut juga menyiagakan kapal karet dari satuan Brimob dan Samapta diterjunkan apabila dibutuhkan.

Baca juga: Antisipasi Banjir dan Longsor, BPBD Deli Serdang Bentuk Destana

“Kita juga menyediakan dapur lapangan untuk supaya kemudian seluruh personil yang melaksanakan tugas siap dan didukung dengan logistik yang memadai,” tutur Perwira Tinggi Polri itu.

Guna memaksimalkan pelayanan selama mudik lebaran ini, Kapolda Sumut telah bekerja sama dengan stakeholder, mulai dari Dinas PUPR dengan dinas-dinas terkait lainnya di beberapa daerah.

“Supaya penanganan ini jadi lebih cepat dengan semakin banyak peralatan yang akan diturunkan,” bebernya lagi.

Dijabarkan Irjen Agung, penyebab tanah longsor di wilayah Sumut adalah karakteristik jalan yang dibangun. Di mana lokasinya berada di pinggir-pinggir tebing.

“Kemudian juga curah hujan yang tinggi sehingga memicu terjadinya longsor,” ujarnya mengakhiri. (matius/hm17)

Related Articles

Latest Articles