18.2 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Evakuasi Medis Awak KRI Nanggala 402 Dipersiapkan TNI

Jakarta, MISTAR.ID
Evakuasi medis terhadap awak KRI Nanggala 402 yang kemungkinan masih selamat dalam proses pencarian, dipersiapkan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Persiapan evakuasi dilakukan setelah adanya temuan bukti otentik berupa komponen kapal selam, yang diyakini milik KRI Nanggala 402. Dari penemuan ini, tahapan submiss kemudian ditingkatkan menjadi subsunk.

“Nanti kita siapkan untuk evakuasi medis terhadap kru yang kemungkinan masih selamat. Kita evakuasi ke Surabaya atau ke Banyuwangi, akan kita lanjutkan untuk proses berikutnya,” jelas Yudo dalam konferensi pers di Bali, Sabtu (24/4).

Baca Juga:Kedalaman Laut Lokasi Hilangnya KRI Nanggala 402 Sama dengan Tingginya Burj Khalifa

Dalam proses evakuasi kapal selam tersebut, ada keterlibatan organisasi The International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO). Setiap dua tahun, ISMERLO kerap membahas upaya penyelamatan kapal selam.

Selain itu, ada bantuan kapal dari negara lain, seperti Kapal Mega Bakti dari Malaysia yang masih dalam perjalanan. Lalu, HMAS Ballarat dan HMAS Sirius Australia. Berikut, kapal dari Amerika Serikat dan India.

Kapal selam KRI Nanggala 402 dinyatakan hilang kontak pada pukul 03.00 WITA Rabu (21/4/21), setelah latihan peluncuran terpode di perairan Bali. Pada, Sabtu (24/4/21), TNI resmi menyatakan KRI Nanggala-402 tenggelam.(ltn/hm10)

Related Articles

Latest Articles