16.5 C
New York
Saturday, April 13, 2024

Dua Matahari Muncul di Langit Mentawai

Mentawai, MISTAR.ID

Masyarakat dihebohkan dengan video yang beredar menunjukkan dua matahari muncul di langit Mentawai. Video tersebut diambil oleh seorang warga dan menjadi viral di media sosial.

Dalam video tersebut, terlihat salah satu matahari terlihat tertutup oleh awan. Sementara Matahari yang lainnya terlihat tanpa adanya awan.

“Pemandangan ini sungguh tak terduga. Itu, Matahari kedua. Yang pertama terlihat redup. Ini berbahaya, saya tidak tahu apa yang sedang terjadi,” kata pria yang merekam fenomena alam tersebut.

Ahli cuaca dari State College of Meteorology Climatology and Geophysics (STMKG), Deni Septiadi, menjelaskan bahwa fenomena alam tersebut dikenal sebagai Sundog atau Parhelion. Ini adalah fenomena optik Matahari yang terjadi karena kerapatan atmosfer.

Baca juga: Mengapa Ada Api di Matahari?

“Ini disebut Sundog atau Parhelion, yaitu fenomena optik atmosfer yang merupakan jenis ‘Halo’ Matahari,” jelas Deni, Minggu (25/2/24).

Lanjutnya, perbedaan kerapatan atmosfer menyebabkan difraksi cahaya Matahari yang dipantulkan oleh kristal es dan pada akhirnya menghasilkan dua titik cahaya di sekitar Matahari.

“Sehingga terlihat seperti dua matahari saat dilihat dari permukaan bumi,” tambah Deni.

Related Articles

Latest Articles