15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Dicurigai Ada Pencucian Uang, PPATK Blokir Ratusan Rekening Pimpinan Ponpes Al-Zaytun

Jakarta, MISTAR.ID

Ratusan rekening atas nama pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun diblokir PPATK. Pemblokiran itu dilakukan sesuai dengan analisis dan sampai saat ini masih berjalan. Hal itu disampaikan Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, Kamis (6/7/23).

Ivan mengatakan, pihaknya melakukan pemblokiran sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md mendorong PPATK untuk menelusuri 289 rekening yang berkaitan dengan Ponpes Al-Zaytun. Rekening tersebut dicurigai rentan dipergunakan untuk pencucian uang.

Menurut Mahfud, semua rekening tersebut memiliki nama yang berbeda-beda, tetapi semuanya bermuara kepada satu nama yaitu Panji Gumilang.

Baca juga: Soal Panji Gumilang, Kapolri: Bareskrim Sedang Melakukan Penyidikan

“Ada atas nama Abdul Salam Panji Gumilang, Abu Toto Panji Gumilang, ada Abu Salam. Kemudian ada atas nama institusi,” ujarnya.

Pesantren Al-Zaytun dan Panji Gumilang menjadi sorotan dalam beberapa bulan terakhir karena praktik keagamaan yang dianggap menyimpang. Praktik keagamaan ini ditemukan dalam sebuah video yang diunggah ke media sosial dan menjadi viral.

Salah satu praktik keagamaan yang disorot adalah posisi berdiri dalam salat yang berjarak dan perempuan diperbolehkan salat di bagian paling depan. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles